Senin, 05 Maret 2012

KISI-KISI UN BAHASA INDONESIA

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH
TAHUN PELAJARAN 2011/2012



No.
Urut
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

Kelas

Indikator
N0. Soal
1
2
3
4
5
6
1.
4.Mengungkapkan pikiran , perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog, dan paraprase
4.2  Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang didengar
VI
Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat menentukan temanya
1.
2.
3. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
3.2  Menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus (majalah anak)
VI
Disajikan paragraf rumpang dari majalah anak, siswa dapat melengkapinya.

2.
3.
4. Mengungkapkan pikiran , perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog, dan paraprase
4.3  Menyusun percakapan tentang berbagai topik dengan memperhatikan penggunaan ejaan
VI
Disajikan percakapan dua  orang, siswa dapat menentukan topiknya.

3.
4.
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan,  petunjuk, cerita, dan surat
4.1 Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan memperhatikan penggunaan ejaan (tanda titik dua, dan tanda petik)
IV
Disajikan teks dialog yang belum lengkap, siswa dapat melengkapinya.
4.
5.
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan,  petunjuk, cerita, dan surat

8.1 Menyusun  karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll.)
IV
Disajikan beberapa kalimat, siswa dapat menentukan kalimat yang menggunakan huruf kapital dengan  tepat.
5.
6.
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan,  petunjuk, cerita, dan surat
4.2 Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu
IV
Disajikan petunjuk pemakaian sesuatu yang acak, siswa dapat mengurutkannya menjadi sebuah petunjuk yang benar
6.
7.
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan,  petunjuk, cerita, dan surat

8.1 Menyusun  karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll.)
IV
Disajikan beberapa kalimat ,siswa dapat menentukan tanda baca koma yang tepat
7.
8.
3. Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca puisi
3.2 Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit
V
Disajikan paragraf, siswa dapat menentukan gagasan utamanya.



8.
9.
7. Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca menindai, dan membaca cerita anak.

7.1 Membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas
V
Disajikan dua teks  satu paragraf, siswa dapat menentukan perbedaan isinya
9.
7.2 Menemukan informasi  secara cepat dari berbagai teks khusus (buku petunjuk telepon, jadwal perjalanan, daftar susunan acara, daftar menu,dll.) yang dilakukan melalui membaca memindai.
V
Disajikan jadwal perjalanan  pesawat terbang, siswa dapat menentukan jam keberangkatan/kedatangan.
10.
10.
3. Memahami teks dengan Membaca intensif dan membaca sekilas
3.1 Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian statu laporan hasil pengamatan kunjungan    
VI
Disajikan sebuah laporan pengamatan, siswa dapat menentukan isinya

11.
3.2 Menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus (majalah anak)
VI
Disajikan rubrik khusus surat pembaca, siswa dapat menentukan kalimat saran
12.
11.
3. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
3.1 Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian status laporan hasil pengamatan kunjungan
VI
Disajikan cuplikan laporan hasil pengamatan kunjungan yang penulisan ejaan belum tepat, siswa dapat membetulkan ejaan tersebut dengan tepat
13.
12.
7. Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca menindai, dan membaca cerita anak
7.2 Menemukan informasi  secara cepat dari berbagai teks khusus (buku petunjuk telepon, jadwal perjalanan, daftar susunan acara, daftar menu,dll.) yang dilakukan melalui membaca memindai
V
Disajikan jadwal perjalanan pesawat terbang, siswa dapat membuat  pernyataan lebih cepat/ lambat sesuai jadwal
14.
13.
4.Mengungkapkan pikiran, persaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan dan surat
4.1 Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan.
V
Disajikan beberapa kalimat acak, siswa dapat menyusun menjadi paragraf yang padu.
15.



4.2 Menulis surat undangan ( ulang tahun, acara agama, kegiatan sekolah , kenaikan kelas, dll.) dengan kalimat efefktif dan memperhatikan penggunaan ejaan
V
Disajikan beberapa kalimat, siswa dapat menentukan kalimat efektif yang benar.

16.
14.
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas
8.2 Menulis laporan pengamatan atau kunjungan bedasarkan tahapan (catatan, konsep awal, perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
V
Disajikan data laporan pengamatan, siswa dapat menyusun laporan pengamatan berdasarkan data yang tersedia.
17.
15.
7. Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca menindai, dan membaca cerita anak
7.3 Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat.
V
Disajikan cuplikan cerita anak, siswa dapat menyimpulkan isi cerita.
18.
16.
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas
8.3 Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat.
V
Disajikan teks puisi rumpang, siswa dapat melengkapinya.
19.
17.
4.Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secra tertulis dalam bentuk karangan, surat


4.2 Menulis surat undangan ( ulang tahun, acara agama, kegiatan sekolah , kenaikan kelas, dll.) dengan kalimat efefktif dan memperhatikan penggunaan ejaan
V
Disajikan surat undangan kegiatan yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang benar.




20.
4.3 Menulis dialog sederhana dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya.
V
Disajikan teks dialog sederhana dua atau tiga tokoh,  siswa dapat menentukan isi teks dialog tersebut.
21.
18.
3. Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi
3.1 Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas
IV
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan pokok pikiran
22.
19

3.2 Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca
IV
Disajikan beberapa kalimat petunjuk pemakaian secara acak, siswa dapat menyusun dengan urutan yang benar.
23.
20.
3. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas.
3.1 Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan kunjungan
VI
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat menyempurnakan kalimat yang salah strukturnya

24.
VI
Disajikan data hasil kunjungan, siswa dapat menentukan kalimat laporan sesuai data.
25.
3.2 Menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus (majalah anak, koran, dll.)
VI
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan pesan yang terkandung di dalamnya.
26.
21.
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan,  petunjuk, cerita, dan surat

4.3 Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan menggunakan kata/kalimat yang tepat  sehingga menjadi cerita yang padu
IV
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat
27.
4.4 Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar  dan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll.)
IV
Disajikan surat yang rumpang, siswa dapat melengkapi surat dengan kalimat penutup yang tepat
28.
22.
8. Mengungkapkan pikiran dan informasi  secara tertulis dalam bentuk  naskah pidato dan surat resmi.
8.1 Menyusun naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.)  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan
VI
Disajikan naskah pidato perpisahan, siswa dapat menentukan bagian pidato.
29.
23.
4.Mengungkapkan pikiran , perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog, dan paraprase
4.1 Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos, daftar riwayat hidup,dll.) dengan benar
VI
Disajikan daftar riwayat hidup, siswa dapat menentukan isian yang tepat
30.
24.
7. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca teks drama
7.1 Menemukan makna tersirat suatu teks melalui membaca intensif
VI
Disajikan satu paragraf wacana, siswa dapat menentukan makna tersirat pada teks  tersebut.

31.
25.
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi  secara tertulis dalam bentuk  karangan, pengumuman, dan pantun anak

8.3 Membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema (persahabatan, ketekunan, kepatuhan, dll.) sesuai dengan ciri-ciri pantun
IV
Disajikan pantun yang belum lengkap  sampirannya, siswa dapat melengkapi pantun tersebut.
32
26.
7. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca teks drama.
7.2. Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat ) dari teks drama anak.
VI
  Disajikan teks drama anak, siswa dapat menentukan amanatnya.

33.
27.
4.Mengungkapkan pikiran , perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog, dan paraprase
4.4  Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi
VI
Disajikan puisi, siswa dapat menentukan parafrase yang tepat.
34.
28.
3. Memahami teks agak panjang ( 150-200 kata ), petunjuk pemakaian, makna kata, dalam kamus/ensiklopedi.
3.3 Menemukan makna dan informasi secara tepat dalam kamus/ensiklopedi melalui membaca memindai
IV
Disajikan ilustrasi, siswa dapat menentukan peribahasa dengan  tepat.
35.
29.
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi  secara tertulis dalam bentuk  karangan, pengumuman, dan pantun anak
8.3 Membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema (persahabatan, ketekunan, kepatuhan, dll.) sesuai dengan ciri-ciri pantun
IV
Disajikan pantun yang rumpang bagian isinya, siswa dapat melengkapi dengan kata yang tepat.
36.
30.
4. Mengungkapkan pikiran, perasan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog, dan parafrase.
4.4 Mengubah puisi kedalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi.
VI
Disajikan sebuah puisi, siswa dapat menentukan makna kata dalam puisi tersebut.
37.
31.
4.Mengungkapkan pikiran, persaan, informasi, dn pengalaman secra tertulis dalam bentuk karangan, surat


4.2 Menulis surat undangan ( ulang tahun, acara agama, kegiatan sekolah , kenaikan kelas, dll.) dengan kalimat efefktif dan memperhatikan penggunaan ejaan
V
Disajikan  surat undangan ulang tahun yang rumpang, siswa dapat melengkapi kata/kelompok kata pada bagian surat undangan tersebut.
38.
32.
7. Memahami teks dengan   membaca intensif dan membaca teks drama
7.2  Mengidentifikasi berbagai unsur  (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari  teks drama anak 
VI
Disajikan penggalan teks drama pendek, siswa dapat menentukan tokohnya.
39.
33.
2. Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan suatu alat
2.1 Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut
IV
Disajikan denah lokasi tertentu, siswa dapat menunjukkan tempat tertentu dengan tepat.
40.
34.
3. Memahami teks agak panjang ( 150-200 kata ), petunjuk pemakaian, makna kata, dalam kamus/ensiklopedi.
3.3 Menemukan makna dan informasi secara tepat dalam kamus/ensiklopedi melalui membaca menindai
IV
Disajikan kalimat menggunakan ungkapan, siswa dapat menentukan arti ungkapan dengan tepat.
41.
35.
7. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca teks drama


7.2 Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak
VI
Disajikan penggalan teks drama anak , siswa dapat menentukan watak tokoh cerita.
42.

VI
Disajikan penggalan teks drama anak, siswa dapat menentukan latar cerita.
43.
36.
3. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
3.2 Menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus (majalah anak,koran, dll.)

VI
Disajikan rubrik khusus satu paragraf, siswa dapat  menentukan sinonim dari salah satu kata pada kalimat paragraf tersebut .
44.
37.
     
     
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas.
8.3 Menulis puisi benar dengan pilihan kata yang tepat
V
Disajikan puisi, siswa dapat menentukan judul puisi.
45.
38.
8. Memahami teks melalui membaca intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun
8.2 Menulis pengumuman dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan penggunaan ejaan
IV
Disajikan teks pengumuman yang tidak lengkap, siswa dapat melengkapi isi pengumuman dengan tepat.
46.
39.
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog, dan parafrase
4.4 Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi
VI




Disajikan satu bait puisi, siswa dapat mengubahnya menjadi  parafrase.
47.
40.
4.Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dn pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat
4.1 Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan
V
Disajikan kalimat utama, siswa dapat mengembangkan menjadi sebuah paragraf.
48.
41.
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog, dan parafras
4.2 Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang didengar
VI
Disajikan teks paragraf, siswa dapat meringkas sesui isi teks paragraf.


49.
42.
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas
8.3 Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat.
V
Disajikan tema  suatu puisi,  siswa dapat menuliskan puisi berdasarkan tema tersebut.
50.

Tidak ada komentar: