KISI-KISI UJIAN SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
No.
Urut
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Kelas
|
Indikator
|
N0. Soal
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1.
|
4.Mengungkapkan pikiran , perasaan, dan
informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog, dan paraprase
|
4.2 Membuat ringkasan dari teks
yang dibaca atau yang didengar
|
VI
|
Disajikan teks satu paragraf, siswa
dapat menentukan temanya
|
1.
|
2.
|
3. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca
sekilas
|
3.2 Menanggapi informasi dari
kolom/rubrik khusus (majalah anak)
|
VI
|
Disajikan paragraf rumpang
dari majalah anak, siswa dapat melengkapinya.
|
2.
|
3.
|
4. Mengungkapkan pikiran , perasaan, dan
informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog, dan
paraprase
|
4.3 Menyusun percakapan tentang berbagai topik
dengan memperhatikan penggunaan ejaan
|
VI
|
Disajikan percakapan
dua orang, siswa dapat menentukan
topiknya.
|
3.
|
4.
|
4. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk
percakapan, petunjuk, cerita, dan
surat
|
4.1 Melengkapi
percakapan yang belum selesai dengan memperhatikan penggunaan ejaan (tanda
titik dua, dan tanda petik)
|
IV
|
Disajikan teks dialog yang belum
lengkap, siswa dapat melengkapinya.
|
4.
|
5.
|
8. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk
percakapan, petunjuk, cerita, dan
surat
|
8.1 Menyusun
karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan
penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll.)
|
IV
|
Disajikan beberapa kalimat, siswa dapat
menentukan kalimat yang menggunakan huruf kapital dengan tepat.
|
5.
|
6.
|
4. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk
percakapan, petunjuk, cerita, dan
surat
|
4.2 Menulis petunjuk
untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu
|
IV
|
Disajikan petunjuk pemakaian sesuatu
yang acak, siswa dapat mengurutkannya menjadi sebuah petunjuk yang benar
|
6.
|
7.
|
8. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk
percakapan, petunjuk, cerita, dan
surat
|
8.1 Menyusun
karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan
penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll.)
|
IV
|
Disajikan beberapa kalimat ,siswa dapat
menentukan tanda baca koma yang tepat
|
7.
|
8.
|
3. Memahami teks dengan membaca teks percakapan,
membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca puisi
|
3.2 Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75
kata/menit
|
V
|
Disajikan paragraf, siswa dapat
menentukan gagasan utamanya.
|
8.
|
9.
|
7. Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca
menindai, dan membaca cerita anak.
|
7.1 Membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas
|
V
|
Disajikan dua teks satu paragraf, siswa dapat menentukan perbedaan isinya
|
9.
|
7.2 Menemukan informasi secara
cepat dari berbagai teks khusus (buku petunjuk telepon, jadwal perjalanan,
daftar susunan acara, daftar menu,dll.) yang dilakukan melalui membaca
memindai.
|
V
|
Disajikan jadwal perjalanan pesawat terbang, siswa dapat menentukan jam
keberangkatan/kedatangan.
|
10.
|
||
10.
|
3. Memahami
teks dengan Membaca intensif dan membaca sekilas
|
3.1 Mendeskripsikan isi
dan teknik penyajian statu laporan hasil pengamatan kunjungan
|
VI
|
Disajikan sebuah laporan pengamatan, siswa dapat menentukan isinya
|
11.
|
3.2 Menanggapi informasi
dari kolom/rubrik khusus (majalah anak)
|
VI
|
Disajikan
rubrik khusus surat pembaca, siswa dapat menentukan kalimat saran
|
12.
|
||
11.
|
3. Memahami
teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
|
3.1 Mendeskripsikan isi
dan teknik penyajian status laporan hasil pengamatan kunjungan
|
VI
|
Disajikan cuplikan laporan hasil pengamatan kunjungan yang penulisan
ejaan belum tepat, siswa dapat membetulkan ejaan
tersebut dengan tepat
|
13.
|
12.
|
7. Memahami
teks dengan membaca sekilas, membaca menindai, dan membaca cerita anak
|
7.2 Menemukan informasi secara cepat dari berbagai teks khusus
(buku petunjuk telepon, jadwal perjalanan, daftar susunan acara, daftar
menu,dll.) yang dilakukan melalui membaca memindai
|
V
|
Disajikan jadwal perjalanan pesawat terbang, siswa dapat membuat pernyataan lebih cepat/ lambat sesuai jadwal
|
14.
|
13.
|
4.Mengungkapkan
pikiran, persaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk
karangan dan surat
|
4.1 Menulis karangan
berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan
ejaan.
|
V
|
Disajikan beberapa kalimat acak, siswa dapat menyusun menjadi paragraf
yang padu.
|
15.
|
|
|
4.2 Menulis surat undangan ( ulang tahun, acara agama, kegiatan sekolah ,
kenaikan kelas, dll.) dengan kalimat efefktif dan memperhatikan penggunaan
ejaan
|
V
|
Disajikan beberapa kalimat, siswa dapat
menentukan kalimat efektif yang benar.
|
16.
|
14.
|
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi,
dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas
|
8.2 Menulis laporan pengamatan atau kunjungan bedasarkan tahapan (catatan,
konsep awal, perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
|
V
|
Disajikan data laporan pengamatan, siswa
dapat menyusun laporan pengamatan berdasarkan data yang tersedia.
|
17.
|
15.
|
7. Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca
menindai, dan membaca cerita anak
|
7.3 Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat.
|
V
|
Disajikan cuplikan cerita anak, siswa
dapat menyimpulkan isi cerita.
|
18.
|
16.
|
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi,
dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas
|
8.3 Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat.
|
V
|
Disajikan teks puisi rumpang, siswa dapat melengkapinya.
|
19.
|
17.
|
4.Mengungkapkan pikiran, perasaan,
informasi, dan pengalaman secra tertulis dalam bentuk karangan, surat
|
4.2 Menulis surat undangan ( ulang
tahun, acara agama, kegiatan sekolah , kenaikan kelas, dll.) dengan kalimat
efefktif dan memperhatikan penggunaan ejaan
|
V
|
Disajikan surat undangan kegiatan yang belum lengkap,
siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang benar.
|
20.
|
4.3 Menulis dialog sederhana dua atau
tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya.
|
V
|
Disajikan teks dialog sederhana dua atau tiga
tokoh, siswa dapat menentukan isi
teks dialog tersebut.
|
21.
|
||
18.
|
3. Memahami teks agak panjang (150-200 kata),
petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi
|
3.1 Menemukan pikiran pokok teks agak panjang
(150-200 kata) dengan cara membaca sekilas
|
IV
|
Disajikan sebuah
paragraf, siswa dapat menentukan
pokok pikiran
|
22.
|
19
|
|
3.2 Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca
|
IV
|
Disajikan
beberapa kalimat petunjuk pemakaian secara acak, siswa dapat menyusun dengan urutan yang benar.
|
23.
|
20.
|
3. Memahami teks dengan membaca intensif dan
membaca sekilas.
|
3.1 Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil
pengamatan kunjungan
|
VI
|
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat menyempurnakan kalimat yang salah
strukturnya
|
24.
|
VI
|
Disajikan
data hasil
kunjungan, siswa dapat menentukan kalimat
laporan sesuai data.
|
25.
|
|||
3.2 Menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus (majalah anak, koran,
dll.)
|
VI
|
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan
pesan yang terkandung di dalamnya.
|
26.
|
||
21.
|
4. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk
percakapan, petunjuk, cerita, dan
surat
|
4.3 Melengkapi bagian cerita yang hilang
(rumpang) dengan menggunakan kata/kalimat yang tepat sehingga menjadi cerita yang padu
|
IV
|
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat yang
tepat
|
27.
|
4.4 Menulis surat untuk
teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan
benar dan memperhatikan penggunaan
ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll.)
|
IV
|
Disajikan surat yang rumpang, siswa dapat melengkapi surat dengan kalimat penutup yang tepat
|
28.
|
||
22.
|
8. Mengungkapkan
pikiran dan informasi secara tertulis
dalam bentuk naskah pidato dan surat resmi.
|
8.1 Menyusun naskah
pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar,
serta memperhatikan penggunaan ejaan
|
VI
|
Disajikan naskah pidato perpisahan, siswa dapat menentukan
bagian pidato.
|
29.
|
23.
|
4.Mengungkapkan
pikiran , perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,
ringkasan, dialog, dan paraprase
|
4.1 Mengisi formulir
(pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos, daftar riwayat hidup,dll.)
dengan benar
|
VI
|
Disajikan daftar riwayat hidup, siswa dapat menentukan isian yang tepat
|
30.
|
24.
|
7. Memahami
teks dengan membaca intensif dan membaca teks drama
|
7.1 Menemukan makna
tersirat suatu teks melalui membaca intensif
|
VI
|
Disajikan satu paragraf wacana, siswa dapat
menentukan makna tersirat pada teks tersebut.
|
31.
|
25.
|
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
informasi secara tertulis dalam bentuk
karangan, pengumuman, dan pantun anak
|
8.3 Membuat pantun anak yang menarik tentang
berbagai tema (persahabatan, ketekunan, kepatuhan, dll.) sesuai dengan
ciri-ciri pantun
|
IV
|
Disajikan pantun yang belum lengkap
sampirannya, siswa dapat melengkapi pantun tersebut.
|
32
|
26.
|
7. Memahami teks dengan membaca intensif dan
membaca teks drama.
|
7.2. Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan
cerita, dan amanat ) dari teks drama anak.
|
VI
|
Disajikan teks drama anak, siswa dapat
menentukan amanatnya.
|
33.
|
27.
|
4.Mengungkapkan pikiran , perasaan, dan
informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog, dan
paraprase
|
4.4 Mengubah puisi ke dalam bentuk
prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi
|
VI
|
Disajikan puisi, siswa dapat
menentukan parafrase yang tepat.
|
34.
|
28.
|
3. Memahami teks agak panjang ( 150-200 kata ),
petunjuk pemakaian, makna kata, dalam kamus/ensiklopedi.
|
3.3 Menemukan makna dan informasi secara tepat dalam kamus/ensiklopedi
melalui membaca memindai
|
IV
|
Disajikan ilustrasi, siswa dapat menentukan
peribahasa dengan tepat.
|
35.
|
29.
|
8. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi
secara tertulis dalam bentuk karangan, pengumuman, dan pantun anak
|
8.3 Membuat pantun anak
yang menarik tentang berbagai tema (persahabatan, ketekunan, kepatuhan, dll.)
sesuai dengan ciri-ciri pantun
|
IV
|
Disajikan pantun yang rumpang bagian isinya,
siswa dapat melengkapi dengan kata yang tepat.
|
36.
|
30.
|
4. Mengungkapkan pikiran, perasan, dan informasi
secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog, dan parafrase.
|
4.4 Mengubah puisi kedalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna
puisi.
|
VI
|
Disajikan sebuah puisi, siswa dapat
menentukan makna kata dalam puisi tersebut.
|
37.
|
31.
|
4.Mengungkapkan pikiran, persaan, informasi, dn
pengalaman secra tertulis dalam bentuk karangan, surat
|
4.2 Menulis surat undangan ( ulang tahun, acara agama, kegiatan sekolah ,
kenaikan kelas, dll.)
dengan kalimat efefktif dan memperhatikan penggunaan ejaan
|
V
|
Disajikan surat undangan ulang tahun yang rumpang, siswa dapat melengkapi kata/kelompok kata pada bagian surat undangan
tersebut.
|
38.
|
32.
|
7. Memahami teks
dengan membaca intensif dan membaca
teks drama
|
7.2 Mengidentifikasi berbagai
unsur (tokoh, sifat, latar, tema,
jalan cerita, dan amanat) dari teks
drama anak
|
VI
|
Disajikan penggalan teks
drama pendek, siswa dapat menentukan tokohnya.
|
39.
|
33.
|
2. Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai
denah dan petunjuk penggunaan suatu alat
|
2.1 Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat
yang runtut
|
IV
|
Disajikan denah lokasi tertentu, siswa
dapat menunjukkan tempat tertentu dengan tepat.
|
40.
|
34.
|
3. Memahami teks agak panjang ( 150-200 kata ),
petunjuk pemakaian, makna kata, dalam kamus/ensiklopedi.
|
3.3 Menemukan makna dan informasi secara tepat dalam kamus/ensiklopedi
melalui membaca menindai
|
IV
|
Disajikan kalimat menggunakan ungkapan, siswa dapat menentukan arti
ungkapan dengan tepat.
|
41.
|
35.
|
7. Memahami teks dengan membaca intensif dan
membaca teks drama
|
7.2 Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan
cerita, dan amanat) dari teks drama anak
|
VI
|
Disajikan penggalan teks drama anak , siswa dapat menentukan watak tokoh
cerita.
|
42.
|
VI
|
Disajikan penggalan teks drama anak, siswa dapat menentukan latar cerita.
|
43.
|
|||
36.
|
3. Memahami teks dengan membaca intensif dan
membaca sekilas
|
3.2 Menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus (majalah anak,koran,
dll.)
|
VI
|
Disajikan rubrik khusus satu paragraf, siswa dapat menentukan sinonim dari salah satu kata
pada kalimat paragraf tersebut .
|
44.
|
37.
|
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi,
dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas.
|
8.3 Menulis puisi benar dengan pilihan kata yang tepat
|
V
|
Disajikan puisi, siswa dapat menentukan judul puisi.
|
45.
|
38.
|
8. Memahami teks melalui membaca intensif, membaca nyaring, dan membaca
pantun
|
8.2 Menulis pengumuman
dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan penggunaan ejaan
|
IV
|
Disajikan teks pengumuman yang tidak
lengkap, siswa dapat melengkapi isi pengumuman dengan tepat.
|
46.
|
39.
|
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan,dan informasi
secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog, dan parafrase
|
4.4 Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna
puisi
|
VI
|
Disajikan satu bait puisi, siswa dapat
mengubahnya menjadi parafrase.
|
47.
|
40.
|
4.Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dn
pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat
|
4.1 Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan
kata dan penggunaan ejaan
|
V
|
Disajikan kalimat utama, siswa dapat
mengembangkan menjadi sebuah paragraf.
|
48.
|
41.
|
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan,dan informasi
secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog, dan parafras
|
4.2 Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang didengar
|
VI
|
Disajikan teks paragraf, siswa dapat
meringkas sesui isi teks paragraf.
|
49.
|
42.
|
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi,
dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas
|
8.3 Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat.
|
V
|
Disajikan tema suatu puisi, siswa dapat menuliskan puisi
berdasarkan tema tersebut.
|
50.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar