KISI-KISI UJIAN SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Jumlah Soal : 50 soal
Bentuk Soal :
a. Pilihan Ganda : 35 Soal
b. Isian : 10 Soal
c. Jawaban : 5 Soal
No. Urut
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Kelas
|
Indikator
|
No. Soal
|
|
1
|
3. Siswa mampu membaca dan memahami
isi bacaan serta dapat mengkomunikasikan dengan berbagai bentuk secara tepat.
|
3.1 Membaca pemahaman
|
IV
|
Disajikan dua paragraf bacaan, siswa
dapat menjawab pertanyaan dengan menggunakan kata tanya di mana.
|
1
|
|
2
|
4. Siswa mampu menulis menggunakan
huruf Latin dan Jawa sesuai aturan serta dapat menggunakan dalam berbagai
keperluan.
|
4.2 Menulis dengan huruf Jawa
|
IV
|
Siswa dapat menentukan penulisan
sebuah kata dalam huruf Jawa menggunakan
“pasangan sa” dengan benar.
|
2
|
|
3
|
4. Siswa mampu menulis menggunakan
huruf Latin dan Jawa sesuai aturan serta dapat menggunakan dalam berbagai
keperluan.
|
4.1 Menulis kalimat
|
IV
|
Siswa dapat menentukan penulisan
kalimat berita dengan tepat.
|
3
|
|
4
|
4. Siswa mampu menulis menggunakan
huruf Latin dan Jawa sesuai aturan serta dapat menggunakan dalam berbagai
keperluan.
|
4.1 Menulis
kalimat
|
IV
|
Siswa dapat melengkapi kalimat dengan
“tembung saroja” yang tepat.
|
4
|
|
5
|
4. Siswa mampu menulis menggunakan
huruf Latin dan Jawa sesuai aturan serta dapat menggunakan dalam berbagai
keperluan.
|
4.1 Menulis kalimat
|
IV
|
Siswa dapat menentukan penulisan kata
yang menggunakan “seselan-um-” dengan tepat.
|
5
|
|
6
|
5. Siswa mampu memahami dan menghargai
bahasa dan sastra Jawa serta dapat mengapresiasikan sesuai dengan tingkat
kemampuan siswa.
|
5.1 Mengapresiasi tembang
|
IV
|
Disajikan satu bait “tembang Pocung”,
siswa dapat menjawab teka-teki dalam “tembang Pocung” tersebut.
|
6
|
|
7
|
3. Siswa mampu membaca dan memahami
isi bacaan serta dapat mengkomunikasikan dengan berbagai bentuk secara tepat.
|
3.2 Membaca huruf Jawa
|
IV
|
Disajikan kalimat dalam huruf Jawa yang terdiri dari empat kata,
siswa dapat menentukan tulisan latinnya.
|
7
|
|
8
|
4. Siswa mampu menulis karangan dalam
berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
|
4.1 Menulis kalimat
|
V
|
Siswa dapat menentukan kalimat yang
berpola “JWLK” / SPOK .
|
8
|
|
9
|
4. Siswa mampu menulis karangan dalam
berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
|
4.1 Menulis
kata dan kalimat
|
V
|
Siswa dapat menentukan penulisan
kalimat perintah yang tepat.
|
9
|
|
10
|
4. Siswa mampu menulis karangan dalam
berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
|
4.1 Menulis kata dan
kalimat
|
V
|
Disajikan “parikan” yang belum
lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kata yang tepat.
|
10
|
|
11
|
3. Siswa mampu membaca dan memahami
ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca yang tepat.
|
3.1 Membaca pemahaman
|
V
|
Disajikan penggalan cerita wayang,
siswa dapat menjawab pertanyaan dengan kata tanya siapa.
|
11
|
|
12
|
4. Siswa mampu menulis karangan dalam
berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
|
4.1 Menulis kalimat
|
V
|
Siswa dapat mengubah kalimat aktif
menjadi kalimat pasif.
|
12
|
|
13
|
5. Siswa mampu memahami dan menghargai
bahasa dan sastra Jawa serta mampu mengapresiasikan.
|
5.1 Mengapresiasi
tembang macapat
|
V
|
Disajikan satu bait tembang Gambuh,
siswa dapat menentukan “guru gatra”- nya.
|
13
|
|
14
|
3. Siswa mampu membaca dan memahami
ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca yang tepat.
|
3.1 Membaca bersuara
|
V
|
Disajikan dua paragraf teks pidato
singkat, siswa dapat menyimpulkan isi pidato.
|
14
|
|
15
|
4. Siswa mampu menulis karangan dalam
berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
|
4.1 Menulis kalimat
|
V
|
Siswa dapat melengkapi kalimat dengan
“tembung panyandra” yang tepat.
|
15
|
|
16
|
4. Siswa mampu menulis karangan dalam
berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
|
4.1 Menulis kalimat
|
V
|
Disajikan penggalan surat kepada
teman, siswa dapat menentukan nama
bagian surat tersebut dengan tepat.
|
16
|
|
17
|
4. Siswa mampu menulis karangan dalam
berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
|
4.1 Menulis kalimat
|
V
|
Siswa dapat melengkapi sebuah kata
dalam kalimat dengan “ater-ater dak-“ yang benar.
|
17
|
|
18
|
4. Siswa mampu menulis karangan dalam
berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
|
4.1 Menulis kalimat
|
V
|
Siswa dapat menentukan kata yang menggunakan “seselan-in-” dengan tepat.
|
18
|
|
19
|
3. Siswa mampu membaca dan memahami
ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca yang tepat.
|
3.1 Membaca Pemahaman
|
VI
|
Disajikan sebuah paragraf bacaan
tentang kepahlawanan, siswa dapat menentukan kesimpulan isi bacaan tersebut.
|
19
|
|
20.
|
4, Siswa mampu menulis karangan dalam
bebagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa,
|
4.1 Menulis kalimat
|
VI
|
Siswa dapat menentukan “tembung
Saroja” yang tepat untuk melengkapi sebuah kalimat.
|
20
|
|
21
|
5. Siswa mampu memahami dan menghargai
bahasa dan sastra Jawa serta mampu mengaprsiasikan tingkat kemampuannya.
|
5.1 Mengapresiasi
cerita/dongeng
|
VI
|
Disajikan sebuah dongeng singkat,
siswa dapat menyebutkan nama tokoh antagonis dari dongeng tersebut.
|
21
|
|
22
|
4. Siswa mampu menulis karangan dalam
bebagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa,
|
4.1 Menulis kalimat
|
VI
|
Siswa dapat menentukan kata yang tepat
untuk melengkapi peribahasa yang belum lengkap.
|
22
|
|
23
|
4, Siswa mampu menulis karangan dalam
bebagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa,
|
4.1 Menulis kalimat
|
VI
|
Disajikan sebuah kalimat langsung,
siswa dapat menentukan kalimat tidak langsungnya
|
23
|
|
24
|
5. Siswa mampu memahami dan menghargai
bahasa dan sastra Jawa serta mampu mengaprsiasikan tingkat kemampuannya.
|
5.1 Mengapresiasi
geguritan
|
VI
|
Siswa dapat menentukan judul sebuah
“geguritan” sederhana.
|
24
|
|
25
|
3. Siswa mampu membaca dan memahami
ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca yang tepat.
|
3.1 Membaca cepat
|
VI
|
Disajikan sebuah paragraf bacaan
tentang bencana alam, siswa dapat menentukan pokok pikirannya.
|
25
|
|
26
|
4. Siswa mampu menulis karangan dalam
bebagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
|
4.1 Menulis kalimat
|
VI
|
Siswa dapat menentukan kalimat yang
berpola “KJWL”/KSPO.
|
26
|
|
27
|
5. Siswa mampu memahami dan menghargai
bahasa dan sastra Jawa serta mampu mengaprsiasikan tingkat
|
5.1 Mengapresiasi cerita
lama
|
VI
|
Disajikan sebuah dongeng singkat siswa
dapat menentukan pesan yang terkandung dalam dongeng tersebut.
|
27
|
|
28.
|
3. Siswa mampu membaca dan memahami
ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca yang tepat.
|
3.1 Membaca Indah
|
VI
|
Disajikan satu bait “tembang
Dhandhangula”, siswa dapat menentukan isi tembang dengan benar.
|
28
|
|
29.
|
4, Siswa mampu menulis karangan dalam
bebagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa,
|
4.1 Menulis surat
|
VI
|
Siswa dapat menentukan penulisan “titi
mangsa” surat dengan benar.
|
29
|
|
30.
|
4. Siswa mampu menulis karangan dalam
bebagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
|
4.2 Menulis kalimat
|
VI
|
Siswa dapat merubah kalimat pasif
menjadi kalimat aktif dengan benar .
|
30
|
|
31.
|
3. Siswa mampu membaca dan memahami
ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca yang tepat.
|
3.1 Membaca bersuara
|
VI
|
Disajikan teks bacaan satu paragraf,
siswa dapat menentukan ide pokok.
|
31
|
|
32.
|
4. Siswa mampu menulis karangan dalam
bebagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
|
4.2 Menulis tembung
rangkep
|
VI
|
Disajikan sebuah kalimat rumpang,
siswa dapat melengkapi dengan “tembung
dwilingga salin swara” yang tepat.
|
32
|
|
33.
|
5. Siswa mampu memahami dan menghargai
bahasa dan sastra Jawa serta mampu mengaprsiasikan tingkat kemampuannya.
|
5.1 Mengapresia cerita
wayang
|
VI
|
Disajikan gambar salah satu tokoh
wayang, siswa dapat menentukan nama negara dari tokoh tersebut.
|
33
|
|
34.
|
4. Siswa mampu menulis karangan dalam
bebagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
|
4.1 Menulis kalimat
|
VI
|
Siswa dapat melengkapi penulisan
“purwakanthi guru sastra” dengan kata
yang tepat.
|
34
|
|
35.
|
4. Siswa mampu menulis karangan dalam
bebagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
|
4.2 Menulis dengan huruf Jawa
|
VI
|
Disajikan sebuah kalimat yang memuat
tahun, siswa dapat menentukan penulisan tahun tersebut dengan angka Jawa yang
benar.
|
35
|
|
36
|
2. Siswa mampu mengungkapkan pikiran,
pendapat, serta perasaan dengan menggunakan struktur kalimat yang benar
sesuai dengan tata krama berbahasa secara tertulis maupun lisan.
|
2.2 Unggah-ungguh basa
|
IV
|
Disajikan sebuah kalimat “basa ngoko”,
siswa dapat mengubah sebuah kata menjadi menjadi “basa krama”.
|
36
|
|
37
|
3. Siswa mampu membaca dan memahami
isi bacaan serta dapat mengkomunikasikan dengan berbagai bentuk secara tepat.
|
3.1 Membaca Pemahaman
|
IV
|
Disajikan paragraf sederhana bertema
pariwisata, siswa dapat menentukan antonim dari salah satu kata dalam
paragraf tersebut.
|
37
|
|
38
|
4. Siswa mampu menulis karangan dalam
berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
|
4.1 Menulis kalimat
|
V
|
Siswa dapat melengkapi kalimat
“paribasan” dengan kata yang tepat.
|
38
|
|
39.
|
5. Siswa mampu memahami dan menghargai
bahasa dan sastra Jawa serta mampu mengapresiasikan.
|
5.1 Mengapresiasi
tembang macapat
|
V
|
Disajikan satu bait “tembang
Kinanthi”, siswa dapat menentukan “guru wilangan” dan “guru lagu” baris
ketiga tembang tersebut.
|
39
|
|
40.
|
3. Siswa mampu membaca dan memahami
ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca yang tepat.
|
3.2 Membaca tulisan huruf Jawa
|
V
|
Disajikan kalimat sederhana yang
terdiri dari dua kata dalam huruf Jawa, siswa dapat menuliskan dalam huruf
Latin yang tepat.
|
40
|
|
41.
|
4. Siswa mampu menulis karangan dalam
bebagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
|
4.1 Menulis kalimat
|
VI
|
Siswa dapat melengkapi kalimat dengan
“tembung camboran” yang tepat.
|
41
|
|
42.
|
5. Siswa mampu memahami dan menghargai
bahasa dan sastra Jawa serta mampu mengaprsiasikan tingkat kemampuannya.
|
5.1 Mengapresiasikan
tembang macapat
|
VI
|
Siswa dapat menentukan nama “tembang
macapat” dari ciri-ciri yang disebutkan.
|
42
|
|
43.
|
4. Siswa mampu menulis karangan dalam
bebagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
|
4.1 Menulis kalimat
|
VI
|
Disajikan sebuah kalimat berpola SPOK,
siswa dapat menentukan jenis keterangan dari kalimat tersebut.
|
43
|
|
44.
|
5. Siswa mampu memahami dan menghargai
bahasa dan sastra Jawa serta mampu mengaprsiasikan tingkat kemampuannya.
|
5.1 Mengapresiasi
cerita/dongeng
|
VI
|
Disajikan cuplikan cerita Ramayana,
siswa dapat menentukan watak salah satu tokoh dalam cerita tersebut.
|
44
|
|
45.
|
3. Siswa mampu membaca dan memahami
ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca yang tepat.
|
3.1 Membaca Indah
|
VI
|
Disajikan sebuah “geguritan”
sederhana, siswa dapat menentukan tema “geguritan” tersebut dengan tepat.
|
45
|
|
46
|
4. Siswa mampu menulis menggunakan
huruf Latin dan Jawa sesuai aturan serta dapat menggunakan dalam berbagai
keperluan.
|
4.2 Menulis kalimat
|
IV
|
Siswa dapat mengubah kalimat pasif
menjadi kalimat aktif.
|
46
|
|
47.
|
2. Siswa mampu mengungkapkan pikiran,
pendapat, gagasan, serta perasaan dengan menggunakan struktur kalimat sesuai
dengan tata krama berbahasa Jawa (unggah-ungguh) secara tertulis maupun
lisan.
|
2.1 Unggah-ungguh basa
|
V
|
Disajikan kalimat dalam “basa ngoko
lugu”, siswa dapat mengubah menjadi “basa krama” dengan tepat.
|
47
|
|
48.
|
3. Siswa mampu membaca dan memahami
ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca yang tepat.
|
3.1 Membaca Indah
|
V
|
Disajikan geguritan sederhana, siswa
dapat mengubah menjadi prosa/”gancaran”.
|
48
|
|
49.
|
4. Siswa mampu menulis karangan dalam
bebagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
|
4.2 Menulis dengan huruf Jawa
|
VI
|
Siswa dapat menulis kalimat yang
terdiri dari empat kata dengan huruf Jawa
|
49
|
|
50.
|
4. Siswa mampu menulis karangan dalam
bebagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
|
4.2 Menulis kalimat
|
VI
|
Disajikan sebuah kalimat “paribasan”,
siswa dapat menjelaskan arti
“paribasan” tersebut.
|
50
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar