Senin, 05 Maret 2012

KISI-KISI UJIAN TULIS BAHASA JAWA

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Mata Pelajaran Bahasa Jawa
Jumlah Soal                 : 50 soal
Bentuk Soal                :
a. Pilihan Ganda          : 35 Soal
b. Isian                       : 10 Soal
c. Jawaban                 :   5 Soal

No. Urut
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Kelas
Indikator
No. Soal
1
3. Siswa mampu membaca dan memahami isi bacaan serta dapat mengkomunikasikan dengan berbagai bentuk secara tepat.
3.1 Membaca pemahaman
IV
Disajikan dua paragraf bacaan, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan menggunakan kata tanya  di mana.
1
2
4. Siswa mampu menulis menggunakan huruf Latin dan Jawa sesuai aturan serta dapat menggunakan dalam berbagai keperluan.
4.2 Menulis dengan huruf Jawa
IV
Siswa dapat menentukan penulisan sebuah kata dalam huruf Jawa menggunakan  “pasangan  sa”  dengan benar.
2
3
4. Siswa mampu menulis menggunakan huruf Latin dan Jawa sesuai aturan serta dapat menggunakan dalam berbagai keperluan.
4.1 Menulis kalimat
IV
Siswa dapat menentukan penulisan kalimat berita dengan tepat.
3
4
4. Siswa mampu menulis menggunakan huruf Latin dan Jawa sesuai aturan serta dapat menggunakan dalam berbagai keperluan.
4.1 Menulis kalimat
IV
Siswa dapat melengkapi kalimat dengan “tembung saroja”  yang tepat.
4
5
4. Siswa mampu menulis menggunakan huruf Latin dan Jawa sesuai aturan serta dapat menggunakan dalam berbagai keperluan.
4.1 Menulis kalimat
IV
Siswa dapat menentukan penulisan kata yang  menggunakan “seselan-um-”  dengan tepat.
5
6
5. Siswa mampu memahami dan menghargai bahasa dan sastra Jawa serta dapat mengapresiasikan sesuai dengan tingkat kemampuan siswa.
5.1 Mengapresiasi    tembang
IV
Disajikan satu bait “tembang Pocung”, siswa dapat menjawab teka-teki dalam “tembang Pocung”  tersebut.
6
7
3. Siswa mampu membaca dan memahami isi bacaan serta dapat mengkomunikasikan dengan berbagai bentuk secara tepat.
3.2 Membaca huruf Jawa
IV
Disajikan kalimat dalam  huruf Jawa yang terdiri dari empat kata, siswa dapat menentukan tulisan latinnya.
7
8
4. Siswa mampu menulis karangan dalam berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
4.1 Menulis kalimat
V
Siswa dapat menentukan kalimat yang berpola “JWLK” / SPOK .
8
9
4. Siswa mampu menulis karangan dalam berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
4.1 Menulis kata dan        kalimat
V
Siswa dapat menentukan penulisan kalimat perintah yang tepat.
9
10
4. Siswa mampu menulis karangan dalam berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
4.1 Menulis kata dan
       kalimat
V
Disajikan “parikan” yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kata yang tepat.
10
11
3. Siswa mampu membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca yang tepat.
3.1 Membaca pemahaman
V
Disajikan penggalan cerita wayang, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan kata tanya siapa.
11
12
4. Siswa mampu menulis karangan dalam berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
4.1 Menulis kalimat
V
Siswa dapat mengubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif.
12
13
5. Siswa mampu memahami dan menghargai bahasa dan sastra Jawa serta mampu mengapresiasikan.
5.1 Mengapresiasi
       tembang macapat
V
Disajikan satu bait tembang Gambuh, siswa dapat menentukan “guru gatra”- nya.
13
14
3. Siswa mampu membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca yang tepat.
3.1 Membaca bersuara
V
Disajikan dua paragraf teks pidato singkat, siswa dapat menyimpulkan isi pidato.
14
15
4. Siswa mampu menulis karangan dalam berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
4.1 Menulis kalimat
V
Siswa dapat melengkapi kalimat dengan “tembung panyandra” yang tepat.
15
16
4. Siswa mampu menulis karangan dalam berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
4.1 Menulis kalimat
V
Disajikan penggalan surat kepada teman, siswa dapat menentukan  nama bagian surat tersebut dengan tepat.
16
17
4. Siswa mampu menulis karangan dalam berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
4.1 Menulis kalimat
V
Siswa dapat melengkapi sebuah kata dalam kalimat dengan “ater-ater dak-“ yang benar.
17
18

4. Siswa mampu menulis karangan dalam berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
4.1 Menulis kalimat

V

Siswa dapat menentukan kata yang  menggunakan “seselan-in-” dengan tepat.

18
19
3. Siswa mampu membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca yang tepat.
3.1 Membaca Pemahaman

VI

Disajikan sebuah paragraf bacaan tentang kepahlawanan, siswa dapat menentukan kesimpulan isi bacaan tersebut.
19
20.
4, Siswa mampu menulis karangan dalam bebagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa,
4.1 Menulis kalimat

VI

Siswa dapat menentukan “tembung Saroja” yang tepat untuk melengkapi sebuah kalimat.

20
21
5. Siswa mampu memahami dan menghargai bahasa dan sastra Jawa serta mampu mengaprsiasikan tingkat kemampuannya.
5.1 Mengapresiasi
      cerita/dongeng

VI

Disajikan sebuah dongeng singkat, siswa dapat menyebutkan nama tokoh antagonis dari dongeng tersebut.


21
22
4. Siswa mampu menulis karangan dalam bebagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa,
4.1 Menulis kalimat

VI

Siswa dapat menentukan kata yang tepat untuk melengkapi peribahasa yang belum lengkap.
22
23
4, Siswa mampu menulis karangan dalam bebagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa,
4.1 Menulis kalimat

VI
Disajikan sebuah kalimat langsung, siswa dapat menentukan kalimat tidak langsungnya
23
24
5. Siswa mampu memahami dan menghargai bahasa dan sastra Jawa serta mampu mengaprsiasikan tingkat kemampuannya.
5.1 Mengapresiasi 
       geguritan
VI
Siswa dapat menentukan judul sebuah “geguritan” sederhana.
24
25
3. Siswa mampu membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca yang tepat.
3.1 Membaca cepat

VI
Disajikan sebuah paragraf bacaan tentang bencana alam, siswa dapat menentukan pokok pikirannya.
25
26
4. Siswa mampu menulis karangan dalam bebagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
4.1 Menulis kalimat
VI
Siswa dapat menentukan kalimat yang berpola “KJWL”/KSPO.

26
27
5. Siswa mampu memahami dan menghargai bahasa dan sastra Jawa serta mampu mengaprsiasikan tingkat
5.1 Mengapresiasi cerita
       lama
VI
Disajikan sebuah dongeng singkat siswa dapat menentukan pesan yang terkandung dalam dongeng tersebut.

27
28.
3. Siswa mampu membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca yang tepat.
3.1 Membaca Indah
VI
Disajikan satu bait “tembang Dhandhangula”, siswa dapat menentukan isi tembang dengan benar.
28
29.
4, Siswa mampu menulis karangan dalam bebagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa,
4.1 Menulis surat
VI
Siswa dapat menentukan penulisan “titi mangsa” surat dengan benar.
29
30.
4. Siswa mampu menulis karangan dalam bebagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
4.2 Menulis kalimat
VI
Siswa dapat merubah kalimat pasif menjadi kalimat aktif dengan benar .
30
31.
3. Siswa mampu membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca yang tepat.
3.1 Membaca bersuara
VI
Disajikan teks bacaan satu paragraf, siswa dapat menentukan ide pokok.
31
32.
4. Siswa mampu menulis karangan dalam bebagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
4.2 Menulis tembung
       rangkep
VI
Disajikan sebuah kalimat rumpang, siswa dapat melengkapi dengan  “tembung dwilingga salin swara” yang tepat.
32
33.
5. Siswa mampu memahami dan menghargai bahasa dan sastra Jawa serta mampu mengaprsiasikan tingkat kemampuannya.
5.1 Mengapresia cerita
       wayang
VI
Disajikan gambar salah satu tokoh wayang, siswa dapat menentukan nama negara dari tokoh tersebut.
33
34.
4. Siswa mampu menulis karangan dalam bebagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
4.1 Menulis kalimat
VI
Siswa dapat melengkapi penulisan “purwakanthi guru sastra” dengan  kata yang tepat.
34
35.
4. Siswa mampu menulis karangan dalam bebagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
4.2 Menulis dengan huruf Jawa
VI
Disajikan sebuah kalimat yang memuat tahun, siswa dapat menentukan penulisan tahun tersebut dengan angka Jawa yang benar.
35
36
2. Siswa mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, serta perasaan dengan menggunakan struktur kalimat yang benar sesuai dengan tata krama berbahasa secara tertulis maupun lisan.
2.2 Unggah-ungguh basa
IV
Disajikan sebuah kalimat “basa ngoko”, siswa dapat mengubah sebuah kata menjadi menjadi “basa krama”.
36
37
3. Siswa mampu membaca dan memahami isi bacaan serta dapat mengkomunikasikan dengan berbagai bentuk secara tepat.
3.1 Membaca Pemahaman
IV
Disajikan paragraf sederhana bertema pariwisata, siswa dapat menentukan antonim dari salah satu kata dalam paragraf tersebut.

    37
38
4. Siswa mampu menulis karangan dalam berbagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
4.1 Menulis kalimat
V
Siswa dapat melengkapi kalimat “paribasan” dengan kata yang tepat.
   38
39.
5. Siswa mampu memahami dan menghargai bahasa dan sastra Jawa serta mampu mengapresiasikan.
5.1 Mengapresiasi
       tembang macapat
V
Disajikan satu bait “tembang Kinanthi”, siswa dapat menentukan “guru wilangan” dan “guru lagu” baris ketiga tembang tersebut.
   39
40.
3. Siswa mampu membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca yang tepat.
3.2 Membaca tulisan huruf  Jawa
V
Disajikan kalimat sederhana yang terdiri dari dua kata dalam huruf Jawa, siswa dapat menuliskan dalam huruf Latin yang tepat.
   40
41.
4. Siswa mampu menulis karangan dalam bebagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
4.1 Menulis kalimat
VI
Siswa dapat melengkapi kalimat dengan “tembung camboran” yang tepat.
   41
42.
5. Siswa mampu memahami dan menghargai bahasa dan sastra Jawa serta mampu mengaprsiasikan tingkat kemampuannya.
5.1 Mengapresiasikan
      tembang macapat
VI
Siswa dapat menentukan nama “tembang macapat” dari ciri-ciri yang disebutkan.
   42
43.
4. Siswa mampu menulis karangan dalam bebagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
4.1 Menulis kalimat
VI
Disajikan sebuah kalimat berpola SPOK, siswa dapat menentukan jenis keterangan dari kalimat tersebut.
  43
44.
5. Siswa mampu memahami dan menghargai bahasa dan sastra Jawa serta mampu mengaprsiasikan tingkat kemampuannya.
5.1 Mengapresiasi 
      cerita/dongeng
VI
Disajikan cuplikan cerita Ramayana, siswa dapat menentukan watak salah satu tokoh dalam cerita tersebut.
  44
45.
3. Siswa mampu membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca yang tepat.
3.1 Membaca Indah
VI
Disajikan sebuah “geguritan” sederhana, siswa dapat menentukan tema “geguritan” tersebut dengan tepat.
45
46
4. Siswa mampu menulis menggunakan huruf Latin dan Jawa sesuai aturan serta dapat menggunakan dalam berbagai keperluan.
4.2 Menulis kalimat
IV
Siswa dapat mengubah kalimat pasif menjadi kalimat aktif.
 46
47.
2. Siswa mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, serta perasaan dengan menggunakan struktur kalimat sesuai dengan tata krama berbahasa Jawa (unggah-ungguh) secara tertulis maupun lisan.
2.1 Unggah-ungguh basa
V
Disajikan kalimat dalam “basa ngoko lugu”, siswa dapat mengubah menjadi “basa krama”  dengan tepat.
   47
48.
3. Siswa mampu membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca yang tepat.
3.1 Membaca Indah
V
Disajikan geguritan sederhana, siswa dapat mengubah menjadi prosa/”gancaran”.
   48
   49.
4. Siswa mampu menulis karangan dalam bebagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
4.2 Menulis dengan huruf Jawa
VI
Siswa dapat menulis kalimat yang terdiri dari empat kata dengan huruf Jawa
  49
  50.
4. Siswa mampu menulis karangan dalam bebagai ragam bahasa sesuai dengan kaidah berbahasa.
4.2 Menulis kalimat
VI
Disajikan sebuah kalimat “paribasan”, siswa dapat menjelaskan arti  “paribasan” tersebut.
 50








Tidak ada komentar: