KISI-KISI UJIAN SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Mata
pelajaran : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Alokasi waktu : 120
MENIT
Jumlah Soal : 50
Bentuk Soal :
a. Pilihan Ganda : 35 Soal
b. Isian : 10 Soal
Jawaban : 5 Soal
No.
Urut
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Kelas
|
Indikator
|
N0. Soal
|
1.
|
Membaca
surat-surat Al Qur’an
|
1.2 Membaca QS
Al-Ikhlas dengan lancar
|
IV
|
Disajikan
potongan ayat surat Al Ikhlas, siswa dapat menentukan lanjutannya.
|
1.
|
2.
|
Mengenal
sifat jaiz Allah SWT
|
2.2
Mengartikan sifat jaiz Allah SWT
|
IV
|
Siswa
dapat menentukan arti sifat jaiz.
|
2.
|
3.
|
Membiasakan
perilaku terpuji
|
4.1
Menceritakan kisah nabi Adam AS
|
IV
|
Disajikan
narasi tentang penyebab nabi Adam AS diturunkan ke bumi, siswa dapat
menunjukkan perbuatan terpuji.
|
3.
|
4.
|
Mengenal
ketentuan-ketentuan sholat
|
5.1
Menyebutkan rukun shalat
|
IV
|
Siswa
dapat memilih jawaban yang termasuk rukun sholat.
|
4.
|
5.
|
Mengenal
Malaikat dan tugasnya
|
7.1 Menjelaskan pengertian Malaikat
|
IV
|
Siswa
dapat menentukan pengertian Malaikat.
|
5.
|
6.
|
Melaksanakan
dzikir dan doa
|
10.1 Melaksanakan dzikir setelah shalat
|
IV
|
Siswa
dapat memilih lafal dzikir setelah shalat.
|
6.
|
7.
|
Melaksanakan dzikir dan doa
|
10.2 Membaca doa setelah shalat
|
IV
|
Disajikan beberapa doa, siswa dapat memilih doa setelah
sholat
|
7.
|
8.
|
Mengartikan surat pendek pilihan
|
1.2 Mengartikan QS Al Lahab dan
Al Kafirun
|
V
|
Disajikan satu ayat surat Al Kafirun, siswa dapat
menentukan artinya.
|
8.
|
9.
|
Menceritakan kisah Nabi
|
3.2 Menceritakan kisah nabi
Musa As
|
V
|
Disajikan kejadian
luas biasa, siswa dapat menentukan peristiwa luar biasa yang dialami
oleh nabi Musa AS.
|
9.
|
10.
|
Membiasakan perilaku terpuji
|
4.1 Meneladani perilaku nabi
Ayyub AS
|
V
|
Siswa dapat menentukan perilaku yang dapat diteladani nabi
Ayyub
|
10.
|
11.
|
Membiasakan perilaku terpuji
|
4.2 Meneladani perilaku nabi
Musa AS
|
V
|
Siswa dapat menentukan perilaku terpuji nabi Musa AS.
|
11.
|
12.
|
Mengumandangkan adzan dan iqamah
|
5.1 Melakukan adzan dan iqamah
sebelum shalat dengan benar
|
V
|
Siswa dapat menentukan tulisan Arab yang termasuk lafal adzan.
|
12.
|
13.
|
Mengartikan surat pendek pilihan
|
6.2 Mengartikan QS Al Ma`un dan
Al Fil
|
V
|
Disajikan salah satu ayat surat al Ma’un, siswa dapat
menentukan arti nya.
|
13.
|
14.
|
Mengartikan surat pendek pilihan
|
6.2 Mengartikan QS Al Ma`un dan
Al Fil
|
V
|
Disajikan salah satu ayat surat Al Fiil , siswa dapat
menentukan artinya.
|
14.
|
15.
|
Mengenal Rasul-rasul Allah SWT
|
7.3 Membedakan Nabi dan Rasul
|
V
|
Siswa dapat menentukan perbedaan Nabi dan Rasul.
|
15.
|
16.
|
Menceritakan
kisah sahabat Nabi
|
8.1 Menceritakan kisah khalifah Abu Bakar RA
|
V
|
Disajikan
kisah khalifah Abu Bakar, siswa dapat menentukan sifat terpuji.
|
16.
|
17.
|
Mengenal
puasa wajib
|
10.1 Menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa Ramadlan
|
V
|
Siswa
dapat menentukan salah satu rukun puasa.
|
17.
|
18.
|
Mengenal
puasa wajib
|
10.2 Menyebutkan hikmah puasa
|
V
|
Siswa
dapat menentukan yang termasuk hikmah puasa
|
18.
|
19.
|
Mengartikan
Al Qur’an surat pendek pilihan
|
1.1 Membaca QS Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat
1-5
|
VI
|
Disajikan
kutipan surat Al Qodr berharakat, siswa dapat menentukan hukum bacaan pada
kalimat yang bergaris bawah
|
19.
|
20.
|
Mengartikan
Al Qur’an surat pendek pilihan
|
1.2 Mengartikan QS Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
|
VI
|
Disajikan
salah satu ayat surat Al Alaq, siswa dapat menentukan artinya.
|
20.
|
21.
|
Menceritakan
kisah Abu Lahab , Abu Jahal dan Musailamah Al Kadzdzab
|
3.1 Menceritakan perilaku Abu Jahal dan Abu Lahab
|
VI
|
Disajikan narasi kisah
Abu Lahab, siswa dapat mengidentifikasi perilaku Abu Lahab terhadap
Nabi Muhammad SAW
|
21.
|
22.
|
Menceritakan
kisah Abu Lahab , Abu Jahal dan Musailamah Al Kadzdzab
|
3.2 Menceritakan perilaku Musailamah Al Kadzdzab
|
VI
|
Siswa
dapat menentukan perilaku Musailamah Al Kadzdzab
|
22.
|
23.
|
Menghindari
perilaku tercela
|
4.1 Menghindari perilaku dengki seperti Abu Lahab dan Abu Jahal
|
VI
|
Disajikan
kasus dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menentukan cara menghindari
perilaku dengki
|
23.
|
24.
|
Menghindari
perilaku tercela
|
4.2 Menghindari perilaku bohong seperti musailamah Al Kadzdzab
|
VI
|
Disajikan
narasi tentang kejadian sehari
hari, siswa dapat menghindari perilaku bohong
|
24.
|
25.
|
Mengenal
ibadah bulan Ramadan
|
5.1 Melaksanakan tarawih di bulan Ramadan
|
VI
|
Siswa
dapat menentukan nama sholat sunnah yang dilaksanakan pada malam bulan Ramadlan
|
25.
|
26.
|
Meyakini
adanya Qadla’ dan Qadar
|
7.1 Menunjukkan contoh-contoh qadla’ dan qadar
|
VI
|
Disajikan
beberapa contoh kejadian dalam kehidupan manusia, siswa dapat menentukan
contoh qadla’ dan qadar Allah SWT
|
26.
|
27.
|
Meyakini adanya Qadla’ dan Qadar
|
7.2 Menunjukkan keyakinan
terhadap qadla’ dan qadar
|
VI
|
Diilustrasikan tentang kehidupan seseorang, siswa dapat
menentukan sikap yang benar dalam meyakini qadla’ dan qadar
|
27.
|
28.
|
Menceritakan
kisah kaum Muhajirin dan kaum Ansar
|
8.1 Menceritakan perjuangan
kaum Muhajirin
|
VI
|
Disajikan cerita kaum Muhajirin, siswa dapat menentukan sikap kaum Muhajirin yang
berkaitan dengan kehidupan sosial
|
28.
|
29.
|
Menceritakan
kisah kaum Muhajirin dan kaum Anshar
|
8.2 Menceritakan perjuangan
kaum Anshar
|
VI
|
Siswa dapat menunjukkan sikap perjuangan kaum Anshar
|
29.
|
30.
|
Membiasakan perilaku terpuji
|
9.1 Meneladani perilaku kegigihan perjuangan
kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik
|
VI
|
Disajikan narasi tentang kegigihan perjuangan kaum
muhajirin, siswa dapat menunjukkan perilaku terpuji
|
30.
|
31.
|
Membiasakan perilaku terpuji
|
9.1 Meneladani perilaku kegigihan perjuangan
kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik
|
VI
|
Siswa dapat memilih salah satu sikap yang dapat diteladani dari kaum Muhajirin
|
31.
|
32
|
Membiasakan perilaku terpuji
|
9.2 Meneladani perilaku tolong
menolong kaum anshar dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik
|
VI
|
Siswa
dapat menunjukkan perilaku kaum Anshar
|
32
|
33.
|
Mengetahui
kewajiban zakat
|
10.1 Menyebutkan macam-macam zakat
|
VI
|
Siswa
dapat menentukan salah satu macam zakat.
|
33.
|
34.
|
Mengetahui
kewajiban zakat
|
10.2 Menyebutkan ketentuan zakat fithrah
|
VI
|
Siswa dapat menentukan ukuran zakat fithrah
|
34.
|
35.
|
Mengetahui kewajiban zakat
|
10.2 Menyebutkan
ketentuan zakat fithrah
|
VI
|
Siswa
dapat menentukan waktu yang utama
untuk mengeluarkan zakat fithrah
|
35.
|
36.
|
Membaca surat-surat Al Qur’an
|
6.1 Membaca surah Al Kautsar
dengan lancar
|
IV
|
Disajikan penggalan ayat surat Al Kautsar,
siswa dapat melengkapinya.
|
36.
|
37.
|
Menceritakan kisah Nabi
|
8.2 Menceritakan kisah Nabi
Ismail AS
|
IV
|
Disajikan cuplikan kisah nabi Ismail AS, siswa dapat
menentukan perilaku terpuji .
|
37.
|
38.
|
Mengenal kitab-kitab Allah SWT
|
2.3
Menjelaskan Alquran sebagai kitab suci terakhir
|
V
|
Disajikan empat kitab suci Allah, siswa dapat menentukan
kitab suci yang terakhir
|
38.
|
39.
|
Mengenal puasa wajib
|
10.1 Menyebutkan
ketentuan-ketentuan puasa Ramadlan
|
V
|
Siswa dapat menyebutkan salah satu syarat wajib puasa.
|
39.
|
40.
|
Mengenal puasa wajib
|
10.2 Menyebutkan hikmah puasa
|
V
|
Siswa dapat menyebutkan salah satu hikmah puasa.
|
40.
|
41.
|
Meyakini adanya Hari Akhir
|
2.1 Menyebutkan nama-nama Hari
Akhir
|
VI
|
Siswa dapat menyebutkan nama lain Hari Akhir.
|
41.
|
42.
|
Meyakini adanya Hari Akhir
|
2.2 Menjelaskan tanda-tanda Hari
Akhir
|
VI
|
Disajikan beberapa
gambar peristiwa alam, siswa dapat menentukan tanda Hari
Akhir yang sesuai dengan gambar tersebut
|
42.
|
43.
|
Mengartikan surah pendek pilihan
|
6.2 Mengartikan Surah Al Maidah ayat 3 dan
Surah Al Hujurat ayat ke 13
|
VI
|
Disajikan penggalan QS Al Maidah ayat 3, siswa dapat
menjelaskan artinya
|
43.
|
44.
|
Menceritakan kisah kaum Muhajirin dan
kaum Anshar
|
8.1 Menceritakan perjuangan kaum Muhajirin
|
VI
|
Disajikan
penggalan kisah kaum Muhajirin,
siswa dapat menentukan perjuangan kaum muhajirin tentang rela berkorban
|
44.
|
45.
|
Menceritakan kisah kaum Muhajirin dan
kaum Anshar
|
8.2 Menceritakan perjuangan kaum Anshar
|
VI
|
Siswa
dapat menyebutkan satu bentuk pengorbanan kaum Anshar
|
45.
|
46.
|
Menceritakan
kisah Nabi
|
3.2
Menceritakan kisah kelahiran nabi Muhammad SAW
|
IV
|
Disajikan
penggalan kisah kelahiran nabi Muhammad SAW, siswa dapat menceritakan
peristiwa yang terjadi menjelang kelahirannya.
|
46.
|
47.
|
Mengenal
Rasul-rasul Allah SWT
|
7.2 Menyebutkan nama-nama
Rasul Ulul Azmi dari para Rasul
|
V
|
Siswa
dapat menyebutkan nama-nama rasul Ulul Azmi.
|
47.
|
48.
|
Mengenal
ibadah bulan Ramadlan
|
5.2 Melaksanakan tadarus Al Qur’an
|
VI
|
Siswa
dapat menyebutkan 3 hikmah
tadarrus
|
48.
|
49
|
Mengartikan
surah pendek pilihan
|
6.2 Mengartikan Surah Al
Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat ke 13
|
V
|
Siswa
dapat menjelaskan 4 isi QS. Al Hujurat ayat 13
|
49
|
50
|
Mengartikan
surah pendek pilihan
|
6.2 Mengartikan Surah Al
Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat ke 13
|
VI
|
Siswa
dapat mengartikan QS. Al Hujurat ayat 13 yang digarisbawahi
|
50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar