KISI-KISI
UJIAN AKHIR SEKOLAH DASAR DAN MADRASAH IBTIDAIYAH
TAHUN
PELAJARAN 2011/2012
No.
Urut
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Kelas
|
Indikator
|
No soal
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
1
|
1. Memahami dan menggunakan sifat-sifat
operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
|
1.3 Melakukan operasi perkalian dan pembagian
|
IV
|
Siswa dapat menentukan hasil
perkalian dan pembagian tiga bilangan dua angka.
|
1
|
|||
1.4 Melakukan operasi hitung campuran
|
IV
|
Siswa dapat menentukan hasil dari
tiga operasi hitung bilangan cacah.
|
2
|
|||||
2
|
3. Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan
berat dalam pemecahan masalah
|
3.2 Menentukan hubungan antar satuan waktu,
antar satuan panjang, dan antar satuan berat
|
IV
|
Siswa dapat menentukan hasil
penjumlahan tiga satuan panjang yang berbeda.
|
3
|
|||
3.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan satuan waktu, panjang dan berat
|
IV
|
Siswa dapat menyelesaikan soal
cerita yang berkaitan dengan selisih dari dua ukuran berat yang berbeda.
|
4
|
|||||
3.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan satuan kuantitas
|
IV
|
Siswa dapat menyelesaikan soal
cerita yang berkaitan dengan dua satuan kuantitas yang berbeda.
|
5
|
|||||
3
|
4. Menggunakan
konsep keliling dan luas bangun datar sederhana dalam pemecahan masalah
|
4.1 Menentukan keliling dan luas jajargenjang
dan segitiga
|
IV
|
Disajikan gambar jajargenjang
beserta ukurannya, siswa dapat menghitung kelilingnya.
|
6
|
|||
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
keliling dan luas jajargenjang dan segitiga
|
IV
|
Siswa dapat menyelesaikan soal
cerita yang berkaitan dengan luas segitiga.
|
7
|
|||||
4
|
1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat
dalam pemecahan masalah
|
1.3 Melakukan operasi hitung campuran bilangan
bulat
|
V
|
Siswa dapat menentukan hasil tiga
operasi hitung campuran pada bilangan bulat.
|
8
|
|||
1.4 Menghitung perpangkatan dan akar sederhana
|
V
|
Siswa dapat menentukan hasil
penjumlahan bilangan pangkat dua.
|
9
|
|||||
5
|
2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut,
jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah
|
2.2 Melakukan operasi hitung satuan waktu
|
V
|
Siswa dapat menentukan hasil
penjumlahan dan pengurangan yang melibatkan satuan waktu.
|
10
|
|||
2.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
waktu, jarak, dan kecepatan
|
V
|
Siswa dapat menentukan kecepatan
rata-rata jika diketahui jarak dan waktu tempuh.
|
11
|
|||||
6
|
3. Menghitung
luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
3.1 Menghitung luas trapesium dan layang-layang
|
V
|
Disajikan sebuah gambar
layang-layang beserta ukurannya, siswa dapat menentukan luasnya.
|
12
|
|||
3.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan luas bangun datar
|
V
|
Siswa dapat menyelesaikan soal
cerita yang berhubungan dengan luas bangun datar.
|
13
|
|||||
7
|
4. Menghitung volume kubus dan balok dan
menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
4.1 Menghitung volume kubus dan balok
|
V
|
Disajikan gambar bangun gabungan
balok dan kubus beserta ukurannya, siswa dapat menentukan volumenya.
|
14
|
|||
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan volume kubus dan balok
|
V
|
Siswa dapat menyelesaikan soal
cerita yang berhubungan dengan volume kubus atau balok.
|
15
|
|||||
8
|
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan
masalah
|
5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai
bentuk pecahan
|
V
|
Siswa dapat menentukan hasil
penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa dan campuran.
|
16
|
|||
5.4 Menggunakan pecahan dalam masalah
perbandingan dan skala
|
V
|
Siswa dapat menyelesaikan soal
cerita yang menggunakan perbandingan.
|
17
|
|||||
9
|
6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan
antar bangun
|
6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
|
V
|
Siswa dapat menentukan nama suatu
bangun datar berdasarkan sifat-sifatnya.
|
18
|
|||
10
|
1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat
dalam pemecahan masalah
|
1.1 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung
termasuk operasi campuran, FPB dan KPK
|
VI
|
Siswa dapat menyelesaikan soal
cerita yang berkaitan dengan KPK.
|
19
|
|||
1.1 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung
termasuk operasi campuran, FPB dan KPK
|
VI
|
Siswa dapat menentukan KPK dari
dua bilangan dua angka.
|
20
|
|||||
1.1 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung
termasuk operasi campuran, FPB dan KPK
|
VI
|
Siswa dapat menentukan FPB dari
tiga bilangan dua angka.
|
21
|
|||||
1.1 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung
termasuk operasi campuran, FPB dan KPK
|
VI
|
Siswa dapat menyelesaikan soal
cerita yang berkaitan dengan FPB.
|
22
|
|||||
11
|
2. Menggunakan pengukuran volume per waktu
dalam pemecahan masalah
|
2.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan satuan debit
|
VI
|
Siswa dapat menyelesaikan soal
cerita yang berkaitan dengan satuan debit.
|
23
|
|||
12
|
3. Menghitung luas segi banyak sederhana,
luas lingkaran, dan volume prisma segitiga
|
3.1 Menghitung luas segi banyak yang merupakan
gabungan dari dua bangun datar sederhana
|
VI
|
Disajikan gambar gabungan dua
bangun datar dengan ukuran yang diketahui, siswa dapat menentukan luasnya.
|
24
|
|||
3.2 Menghitung luas lingkaran
|
VI
|
Disajikan gambar lingkaran, siswa
dapat menentukan luasnya.
|
25
|
|||||
3.3 Menghitung volume prisma segitiga dan
tabung lingkaran
|
VI
|
Disajikan gambar tabung beserta
ukurannya, siswa dapat menentukan volumenya.
|
26
|
|||||
13
|
5. Melakukan operasi hitung pecahan dalam
pemecahan masalah
|
5.1 Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan
|
VI
|
Siswa dapat menentukan urutan
empat bentuk pecahan berbeda dari terbesar atau sebaliknya.
|
27
|
|||
5.4 Melakukan operasi hitung yang melibatkan
berbagai bentuk pecahan
|
VI
|
Siswa dapat menyelesaikan soal
cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan.
|
28
|
|||||
5.5 Memecahkan masalah perbandingan dan skala
|
VI
|
Siswa dapat menyelesaikan soal
cerita yang berkaitan dengan skala.
|
29
|
|||||
14
|
6. Menggunakan sistem koordinat dalam
pemecahan masalah
|
6.3 Menentukan posisi titik dalam sistem
koordinat Kartesius
|
VI
|
Disajikan gambar beberapa titik
pada bidang koordinat, siswa dapat menentukan koordinat dari salah satu
titik.
|
30
|
|||
15
|
7. Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan data
|
7.1 Menyajikan data ke bentuk tabel dan
diagram gambar, batang dan lingkaran
|
VI
|
Disajikan diagram batang, siswa
dapat menentukan salah satu unsur yang belum diketahui.
|
31
|
|||
7.1 Menyajikan data ke bentuk tabel dan
diagram gambar, batang dan lingkaran
|
VI
|
Disajikan diagram lingkaran yang
menggunakan persentase, siswa dapat menentukan salah satu unsur yang belum
diketahui.
|
32
|
|||||
7.2 Menentukan rata-rata hitung dan modus
sekumpulan data
|
VI
|
Siswa dapat menentukan rata-rata
dari sekumpulan data tunggal yang disajikan.
|
33
|
|||||
7.2 Menentukan rata-rata hitung dan modus
sekumpulan data
|
VI
|
Siswa dapat menentukan modus dari
data yang disajikan.
|
34
|
|||||
7.3 Mengurutkan data termasuk menentukan nilai
tertinggi dan terendah
|
VI
|
Disajikan diagram batang, siswa
dapat menentukan nilai tertinggi atau terendah.
|
35
|
|||||
16
|
5. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan
bulat
|
5.3 Melakukan operasi hitung campuran
|
IV
|
Siswa dapat menentukan hasil
penjumlahan dan pengurangan dari tiga bilangan bulat dua angka.
|
36
|
|||
17
|
6. Menggunakan pecahan dalam pemecahan
masalah
|
6.2 Menyederhanakan berbagai bentuk pecahan
|
IV
|
Siswa dapat menyederhanakan
pecahan.
|
37
|
|||
18
|
2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut,
jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah
|
2.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan waktu, jarak, dan kecepatan
|
V
|
Siswa dapat menentukan jarak jika
diketahui kecepatan dan waktu.
|
38
|
|||
19
|
4. Menghitung volume kubus dan balok dan
menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
4.1 Menghitung volume kubus dan balok
|
V
|
Disajikan gambar balok beserta
ukurannya, siswa dapat menentukan volume balok.
|
39
|
|||
20
|
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan
masalah
|
5.3 Mengalikan dan membagi berbagai bentuk
pecahan
|
V
|
Siswa dapat menentukan hasil
operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan pecahan campuran dan
pecahan biasa.
|
40
|
|||
21
|
1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat
dalam pemecahan masalah
|
1.3 Menyelesaikan masalah yang melibatkan
operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat
|
VI
|
Siswa dapat menyelesaikan soal
cerita yang berkaitan dengan akar pangkat tiga suatu bilangan.
|
41
|
|||
22
|
2. Menggunakan pengukuran volume per waktu
dalam pemecahan masalah
|
2.1 Mengenal satuan debit
|
VI
|
Siswa dapat menyelesaikan
permasalahan yang berkaitan dengan debit.
|
42
|
|||
23
|
3. Menghitung luas segi banyak sederhana,
luas lingkaran, dan volume prisma segitiga
|
3.2 Menghitung luas lingkaran
|
VI
|
Disajikan gambar sebuah lingkaran
yang diketahui diameternya , siswa dapat menentukan luasnya.
|
43
|
|||
3.3 Menghitung volume prisma segitiga dan
tabung lingkaran
|
VI`
|
Disajikan gambar prisma segitiga
beserta ukurannya, siswa dapat menentukan volumenya.
|
44
|
|||||
24
|
7. Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan data
|
7.2 Menentukan rata-rata hitung dan modus
sekumpulan data
|
VI
|
Siswa dapat menentukan median dari
sekumpulan data .
|
45
|
|||
25
|
8. Memahami sifat bangun ruang sederhana dan
hubungan antar bangun datar
|
8.1 Menentukan sifat-sifat bangun ruang
sederhana
|
IV
|
Disajikan gambar salah satu bangun
ruang, siswa dapat menyebutkan empat sifat dari bangun tersebut.
|
46
|
|||
26
|
3. Menghitung luas bangun datar
sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
3.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar
|
V
|
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas
bangun datar.
|
47
|
|||
27
|
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan
masalah
|
5.1
Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya
|
V
|
Siswa dapat
mengubah bentuk pecahan :
a.
Biasa ke persen
b.
persen ke biasa
c.
Desimal ke persen
d.
Persen ke desimal
|
48
|
|||
28
|
7. Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan data
|
7.1 Menyajikan data ke bentuk tabel dan
diagram gambar, batang dan lingkaran
|
VI
|
Disajikan diagram lingkaran yang
menggunakan derajat, siswa dapat menentukan empat unsur yang belum diketahui.
|
49
|
|||
29
|
5. Melakukan operasi hitung pecahan dalam
pemecahan masalah
|
5.4 Melakukan operasi hitung yang melibatkan
berbagai bentuk pecahan
|
VI
|
Siswa dapat menyelesaikan soal
cerita dengan menggunakan operasi hitung perkalian dan pembagian pecahan.
|
50
|
|||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar