Senin, 05 Maret 2012

KISI-KISI MATEMATIKA


KISI-KISI UJIAN AKHIR SEKOLAH DASAR DAN MADRASAH IBTIDAIYAH
TAHUN PELAJARAN 2011/2012


No.
Urut
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

Kelas

Indikator
No soal
1
2
3
4
5
6
1
1.    Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
1.3   Melakukan operasi perkalian dan pembagian
IV
Siswa dapat menentukan hasil perkalian dan pembagian tiga bilangan dua angka.
1
1.4   Melakukan operasi hitung campuran
IV
Siswa dapat menentukan hasil dari tiga operasi hitung bilangan cacah.
2
2
3.    Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah
3.2   Menentukan hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat
IV
Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan tiga satuan panjang yang berbeda.
3
3.3   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang dan berat
IV
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan selisih dari dua ukuran berat yang berbeda.
4
3.4   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan kuantitas
IV
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan dua satuan kuantitas yang berbeda.
5
3
4.   Menggunakan konsep keliling dan luas bangun datar sederhana dalam pemecahan masalah
4.1   Menentukan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga
IV
Disajikan gambar jajargenjang beserta ukurannya, siswa dapat menghitung kelilingnya.
6
4.2   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga
IV
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas segitiga.
7
4
1.    Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
1.3   Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat
V
Siswa dapat menentukan hasil tiga operasi hitung campuran pada bilangan bulat.
8
1.4   Menghitung perpangkatan dan akar sederhana
V
Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan bilangan pangkat dua.
9
5
2.    Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah
2.2   Melakukan operasi hitung satuan waktu
V
Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan yang melibatkan satuan waktu.
10
2.5   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan
V
Siswa dapat menentukan kecepatan rata-rata jika diketahui jarak dan waktu tempuh.
11
6
3.   Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
3.1   Menghitung luas trapesium dan layang-layang
V
Disajikan sebuah gambar layang-layang beserta ukurannya, siswa dapat menentukan luasnya.
12
3.2   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar
V
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan luas bangun datar.
13
7
4.   Menghitung volume kubus dan balok dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
4.1   Menghitung volume kubus dan balok
V
Disajikan gambar bangun gabungan balok dan kubus beserta ukurannya, siswa dapat menentukan volumenya.
14
4.2   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok
V
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan volume kubus atau balok.
15
8
5.    Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.2   Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
V
Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa dan campuran.
16
5.4   Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala
V
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang menggunakan perbandingan.
17
9
6.    Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
6.1   Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
V
Siswa dapat menentukan nama suatu bangun datar berdasarkan sifat-sifatnya.
18
10
1.    Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
1.1   Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB dan KPK
VI
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan KPK.
19
1.1   Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB dan KPK
VI
Siswa dapat menentukan KPK dari dua bilangan dua angka.
20
1.1   Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB dan KPK
VI
Siswa dapat menentukan FPB dari tiga bilangan dua angka.
21
1.1   Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB dan KPK
VI
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan FPB.
22
11
2.    Menggunakan pengukuran volume per waktu dalam pemecahan masalah
2.2   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan debit
VI
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan satuan debit.
23
12
3.   Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga
3.1   Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana
VI
Disajikan gambar gabungan dua bangun datar dengan ukuran yang diketahui, siswa dapat menentukan luasnya.
24
3.2   Menghitung luas lingkaran
VI
Disajikan gambar lingkaran, siswa dapat menentukan luasnya.
25
3.3    Menghitung volume prisma segitiga dan tabung lingkaran
VI
Disajikan gambar tabung beserta ukurannya, siswa dapat menentukan volumenya.
26
13
5.    Melakukan operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah
5.1   Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan
VI
Siswa dapat menentukan urutan empat bentuk pecahan berbeda dari terbesar atau sebaliknya.
27
5.4   Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan
VI
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan.
28
5.5   Memecahkan masalah perbandingan dan skala
VI
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan skala.
29
14
6.    Menggunakan sistem koordinat dalam pemecahan masalah
6.3   Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat Kartesius
VI
Disajikan gambar beberapa titik pada bidang koordinat, siswa dapat menentukan koordinat dari salah satu titik.
30
15
7.    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data
7.1   Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang dan lingkaran
VI
Disajikan diagram batang, siswa dapat menentukan salah satu unsur yang belum diketahui.
31
7.1   Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang dan lingkaran
VI
Disajikan diagram lingkaran yang menggunakan persentase, siswa dapat menentukan salah satu unsur yang belum diketahui.
32
7.2   Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data
VI
Siswa dapat menentukan rata-rata dari sekumpulan data tunggal yang disajikan.
33
7.2   Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data
VI
Siswa dapat menentukan modus dari data yang disajikan.
34
7.3   Mengurutkan data termasuk menentukan nilai tertinggi dan terendah
VI
Disajikan diagram batang, siswa dapat menentukan nilai tertinggi atau terendah.
35
16
5.    Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat
5.3   Melakukan operasi hitung campuran
IV
Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan dari tiga bilangan bulat dua angka.
36
17
6.    Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
6.2   Menyederhanakan berbagai bentuk pecahan
IV
Siswa dapat menyederhanakan pecahan.
37
18
2.    Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah
2.5   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan
V
Siswa dapat menentukan jarak jika diketahui kecepatan dan waktu.
38
19
4.   Menghitung volume kubus dan balok dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
4.1   Menghitung volume kubus dan balok
V
Disajikan gambar balok beserta ukurannya, siswa dapat menentukan volume balok.
39
20
5.    Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.3   Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
V
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan pecahan campuran dan pecahan biasa.
40
21
1.    Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
1.3   Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat
VI
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan akar pangkat tiga suatu bilangan.
41
22
2.    Menggunakan pengukuran volume per waktu dalam pemecahan masalah
2.1   Mengenal satuan debit
VI
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan debit.
42
23
3.   Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga
3.2   Menghitung luas lingkaran
VI
Disajikan gambar sebuah lingkaran yang diketahui diameternya , siswa dapat menentukan luasnya.
43
3.3    Menghitung volume prisma segitiga dan tabung lingkaran
VI`
Disajikan gambar prisma segitiga beserta ukurannya, siswa dapat menentukan volumenya.
44
24
7.    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data
7.2   Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data
VI
Siswa dapat menentukan median dari sekumpulan data .
45
25
8.    Memahami sifat bangun ruang sederhana dan hubungan antar bangun datar
8.1   Menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana
IV
Disajikan gambar salah satu bangun ruang, siswa dapat menyebutkan empat sifat dari bangun tersebut.
46
26
3.   Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
3.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar
V
Siswa dapat menyelesaikan  soal cerita yang berkaitan dengan luas bangun datar.
47
27
5.    Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.1 Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya
V
Siswa dapat mengubah  bentuk pecahan :
a.    Biasa ke persen
b.    persen ke biasa
c.    Desimal ke persen
d.    Persen ke desimal
48
28
7.    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data
7.1   Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang dan lingkaran
VI
Disajikan diagram lingkaran yang menggunakan derajat, siswa dapat menentukan empat unsur yang belum diketahui.
49
29
5.    Melakukan operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah
5.4   Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan
VI
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan operasi hitung perkalian dan pembagian pecahan.
50










Tidak ada komentar: