Senin, 05 Maret 2012

KISI-KISI UJIAN TULIS IPS


KISI – KISI UJIAN SEKOLAH DASAR DAN MADRASAH IBTIDAIYAH
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Mata Pelajaran            : ILMU PENGATAHUAN SOSIAL 
Alokasi Waktu            : 120 menit
Jumlah Soal                 : 50 butir
Bentuk Soal                : 
a. Pilihan Ganda     : 35 butir (no. 1   s.d. 35)
b. Isian                   : 10 butir (no. 36 s.d. 45) 
c. Uraian                 : 5   butir (no. 46 s.d. 50)

No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Kelas
Indikator
No Soal
1
1.     Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi.

1.2      Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial  dan budaya.
IV
Siswa dapat menentukan pengaruh peristiwa alam dalam kehidupan.
1
1.3      Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat.
IV
Siswa dapat menentukan manfaat salah satu kekayaan alam Indonesia.
2
1.4      Menghargai berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dan menjaga kelastirannnya.
IV
Disajikan gambar salah satu peninggalan sejarah, siswa dapat menentukan daerah asal peninggalan sejarah tertentu.
3
1.5      Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/kota, provinsi).
IV
Siswa dapat menentukan nama tarian dari suatu daerah tertentu.
4
1.6      Meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di lingkungannya.
IV
Disajikan gambar beberapa pahlawan, siswa dapat menentukan nama pahlawan tertentu.
5
2
2.     Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan  provinsi.

2.3      Mengenal perkembangan teknologi produksi, konmunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakannya.
IV
Disajikan beberapa alat komunikasi, siswa dapat menentukan alat komunikasi dua arah.
6
2.1      Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya.
IV
Disajikan deskripsi sebuah kehidupan sosial daerah tertentu, siswa dapat menentukan kegiatan ekonomi yang cocok di daerah tersebut.
7
3
1.     Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional  pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia.


1.1     Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.

V
Siswa dapat menentukan salah satu nama kerajaan Islam di Jawa.
8
1.3      Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya.

V
Disajikan gambar peta Indonesia, siswa dapat menemutunjukkan daerah perkebunan tertentu.
9
1.2     Menceriterakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.

V
Siswa dapat menentukan tokoh agama tertentu.
10
1.5   Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia.
V
Siswa dapat menentukan contoh jenis usaha yang dikelola sendiri.
11

1.4   Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia.
V
Siswa dapat menentukan nama suku bangsa di daerah tertentu.
12
4
 2.    Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankaan kemerdekaan Indonesia.
2.2   Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

V
Disajikan gambar tokoh –tokoh perumus dasar negara, siswa dapat menentukan nama salah satu tokoh tersebut.
13
2.3   Menghargai perjuangan para tokoh   dalam mempertahankan   
      kemerdekaan.
V
Siswa dapat menentukan perjuangan bersenjata di suatu daerah dalam mempertahankan kemerdekaan.
14

2.1     Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa  penjajahan  Belanda dan Jepang.

V
Disajikan sebuah diskripsi tentang perjuangan tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan, siswa dapat menentukan bentuk perlawanan yang dilakukan.
15
2.3   Menghargai jasa dan peranan  
        tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan.

V
Siswa dapat menentukan perumus naskah teks proklamasi.
16


2.1   Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.
V
Siswa dapat menentukan salah satu tokoh pejuang pada masa penjajahan jepang di daerah tertentu.
17
5
1.     Memahami perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara  di Asia Tenggara, serta benua-benua.
1.1      Mendeskripsikan perkembangan  sistem administrasi wilayah Indonesia.
VI
Siswa dapat menentukan propinsi yang mengalami pemekaran wilayah.
18
1.1      Mendeskripsikan perkembangan  sistem administrasi wilayah Indonesia.

VI
Siswa dapat menentukan propinsi terluas hasil pemekaran.
19
1.2      Membandingkan kenampakan  dan keadaan sosial negara-negara tetangga.
VI
Siswa dapat menentukan batas wilayah kawasan Asia Tenggara.
20
1.2 Membandingkan kenampakan  dan keadaan sosial negara-negara tetangga.
VI
Disajikan sebuah peta Asia Tenggara, siswa dapat menemutunjukkan negara yang tidak pernah dijajah oleh negara barat.
21
1.2 Membandingkan kenampakan  dan  keadaan sosial negara-negara tetangga.

VI
Siswa dapat menentukan dampak negatif dari pertumbuhan penduduk yang besar dan tingkat pertumbuhan yang tinggi di negara Asia Tenggara.
22
1.2 Membandingkan kenampakan  dan keadaan sosial negara-negara tetangga.

VI
Siswa dapat menentukan penyebab terjadinya musim penghujan dan musim kemarau di Indonesia.
23
1.3 Mengidentifikasi  benua-benua
VI
Disajikan Peta Benua Australia, siswa dapat menemutunjukkan salah satu nama negara bagian di benua tersebut.
24
1.3 Mengidentifikasi  benua-benua
VI
Siswa dapat menentukan batas-batas dari salah satu benua.
25
1.3 Mengidentifikasi  benua-benua
VI
Siswa dapat menentukan letak salah satu benua secara astronomi
26
1.3 Mengidentifikasi  benua-benua
VI
Siswa dapat menentukan nama-nama negara di kawasan Benua Eropa.
27
6
2.     Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya

2.1      Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga. 
VI
Disajikan sebuah pernyataan penyebab suatu gejala alam , siswa dapat menentukan nama gejala alam tersebut.
28
2.1      Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga.
VI
Siswa dapat menentukan contoh perilaku manusia yang dapat merusak alam.
29




2.2   Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam.

VI
Siswa dapat menentukan peristiwa alam yang terjadi karena faktor alam atau faktor manusia.
30
2.2      Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam.

VI
Siswa dapat menentukan tindakan yang paling tepat dalam menghadapi bencana alam.
31
7
3.     Memahami  peranan bangsa Indonesia di era global.

3.1    Menjelaskan peranan Indonesia pada era global dan dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan bangsa Indonesia.

VI
Siswa dapat menentukan bentuk perubahan perilaku masyarakat sebagai akibat globalisasi.
32
3.1      Menjelaskan peranan Indonesia pada era global dan dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan bangsa Indonesia.
VI
Siswa dapat menentukan salah satu perusahaan asing yang menjalankan usahanya di Indonesia.
33
3.2      Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa.
VI
Siswa dapat menentukan manfaat  ekspor bagi suatu negara.
34
3.2      Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa.
VI
Siswa dapat menentukan hasil komoditi ekspor non migas Indonesia.
35
8
1.     Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi.
1.1      Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dengan menggunakan skala sederhana.

IV
Disajikan peta Jawa Timur, siswa dapat mendeskripsikan salah satu simbol/legenda yang ada di peta.
36
9
2.     Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan  provinsi.
2.2      Mengenal  pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyaraka.
IV
Siswa dapat menyebutkan salah satu manfaat dari satu jenis koperasi.
37
10
1.     Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional  pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia.

1.1   Mengenal makna peninggalan-peninggalan bersejarah yang berskla nasional dari masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.
V
Siswa dapat menyebutkan salah satu peninggalan agama teretntu.
38
11
2.Mengahargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
2.4 Mengahargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan.
V
Siswa dapat menyebutkan nama peristiwa di suatu daerah dalam mempertahankan kemerdekaan.
39
12
1.     Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional  pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia

1.3   Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya.
V
Siswa dapat menyebutkan salah satu daerah di satu wilayah pembagian waktu di Indonesia.
40
13
1.     Memahami  perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara  di Asia Tenggara, serta benua-benua
1.3 Mengidentifikasi  benua-benua
VI
Siswa dapat menyebutkan negara Asia yang mempunyai tingkat IPTEK tinggi.
41









1.2   Membandingkan kenampakan
        alam dan keadaan sosial negara-
        negara tetangga
VI
Siswa dapat menyebutkan negara yang melakukan proyek reklamasi lahan guna memperluas wilayahnya.
42
14
2.     Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya

2.1      Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga 
VI
Siswa dapat menyebutkan salah satu perilaku manusia yang merusak alam.
43




2.2   Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam
VI
Disajikan gambar salah satu aktifitas manusia, siswa dapat menyebutkan manfaat dari aktifitas tersebut.
44
15
1.     Memahami  perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara  di Asia Tenggara, serta benua-benua
1.3 Mengidentifikasi  benua-benua
VI
Siswa dapat menyebutkan salah satu hasil industri di Amerika Serikat.
45
16
2.     Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan  provinsi
2.3      Mengenal permasalahan sosial di daerahnya.
IV
Siswa dapat menyebutkan 4 macam masalah sosial yang ada di kota besar.
46
17
2.     Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
2.1      Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa  penjajahan  Belanda dan Jepang

V
Siswa dapat menjelaskan pengertian A3 pada masa penjajahan Jepang.
47
18
2.     Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya
2.2   Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam
VI
Siswa dapat menyebutkan 4 dampak  pemanasan global.
48
2.1   Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga 
VI
Siswa dapat menyebutkan 4 faktor pendorong investor asing menanamkan modal dan mendirikan perusahaan di Indonesia.
49
19
3.     Memahami  peranan bangsa Indonesia di era global


3.2      Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa
VI
Siswa dapat menyebutkan 4 alasan suatu negara melakukan impor.
50

Tidak ada komentar: