KISI – KISI UJIAN SEKOLAH DASAR DAN MADRASAH IBTIDAIYAH
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Alokasi Waktu : 120 menit
Jumlah Soal : 50 butir
Bentuk Soal :
a. Pilihan Ganda : 35 butir (no. 1 s.d. 35)
b. Isian : 10 butir (no. 36 s.d. 45)
c. Uraian : 5 butir (no. 46 s.d. 50)
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Kelas
|
Indikator
|
No Soal
|
1
|
1. Memahami
sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan
kabupaten/kota dan provinsi.
|
1.2 Mendeskripsikan kenampakan alam di
lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman
sosial dan budaya.
|
IV
|
Siswa dapat menentukan
pengaruh peristiwa alam dalam kehidupan.
|
1
|
1.3 Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta
pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat.
|
IV
|
Siswa dapat menentukan
manfaat salah satu kekayaan alam Indonesia.
|
2
|
||
1.4 Menghargai berbagai peninggalan sejarah
di lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dan menjaga kelastirannnya.
|
IV
|
Disajikan gambar salah
satu peninggalan sejarah, siswa dapat menentukan daerah asal peninggalan
sejarah tertentu.
|
3
|
||
1.5 Menghargai keragaman suku bangsa dan
budaya setempat (kabupaten/kota, provinsi).
|
IV
|
Siswa dapat menentukan
nama tarian dari suatu daerah tertentu.
|
4
|
||
1.6 Meneladani kepahlawanan dan patriotisme
tokoh-tokoh di lingkungannya.
|
IV
|
Disajikan gambar beberapa
pahlawan, siswa dapat menentukan nama pahlawan tertentu.
|
5
|
||
2
|
2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan
teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan
provinsi.
|
2.3 Mengenal perkembangan teknologi produksi,
konmunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakannya.
|
IV
|
Disajikan beberapa alat
komunikasi, siswa dapat menentukan alat komunikasi dua arah.
|
6
|
2.1 Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan
dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya.
|
IV
|
Disajikan deskripsi
sebuah kehidupan sosial daerah tertentu, siswa dapat menentukan kegiatan
ekonomi yang cocok di daerah tersebut.
|
7
|
||
3
|
1. Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala
nasional pada masa Hindu-Budha dan
Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di
Indonesia.
|
1.1
Mengenal
makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa
Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.
|
V
|
Siswa dapat menentukan
salah satu nama kerajaan Islam di Jawa.
|
8
|
1.3
Mengenal keragaman
kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan
menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya.
|
V
|
Disajikan gambar peta Indonesia, siswa dapat menemutunjukkan daerah
perkebunan tertentu.
|
9
|
||
1.2
Menceriterakan tokoh-tokoh
sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.
|
V
|
Siswa dapat menentukan tokoh agama tertentu.
|
10
|
||
1.5 Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia.
|
V
|
Siswa dapat menentukan contoh jenis usaha yang dikelola sendiri.
|
11
|
||
1.4 Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya
di Indonesia.
|
V
|
Siswa dapat menentukan nama suku bangsa di daerah tertentu.
|
12
|
||
4
|
2. Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan
dan mempertahankaan kemerdekaan Indonesia.
|
2.2 Menghargai
jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.
|
V
|
Disajikan gambar tokoh –tokoh perumus dasar negara, siswa dapat
menentukan nama salah satu tokoh tersebut.
|
13
|
2.3 Menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan
kemerdekaan.
|
V
|
Siswa dapat menentukan perjuangan bersenjata di suatu daerah dalam
mempertahankan kemerdekaan.
|
14
|
||
2.1 Mendeskripsikan perjuangan para tokoh
pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.
|
V
|
Disajikan sebuah diskripsi tentang perjuangan tokoh dalam mempertahankan
kemerdekaan, siswa dapat menentukan bentuk perlawanan yang dilakukan.
|
15
|
||
2.3 Menghargai jasa dan
peranan
tokoh dalam
memproklamasikan kemerdekaan.
|
V
|
Siswa dapat menentukan perumus naskah teks proklamasi.
|
16
|
||
2.1 Mendeskripsikan perjuangan para tokoh
pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.
|
V
|
Siswa dapat menentukan salah satu tokoh pejuang pada masa penjajahan
jepang di daerah tertentu.
|
17
|
||
5
|
1. Memahami perkembangan
wilayah Indonesia, kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara, serta benua-benua.
|
1.1 Mendeskripsikan
perkembangan sistem administrasi
wilayah Indonesia.
|
VI
|
Siswa dapat menentukan propinsi yang mengalami pemekaran wilayah.
|
18
|
1.1
Mendeskripsikan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia.
|
VI
|
Siswa dapat menentukan
propinsi terluas hasil pemekaran.
|
19
|
||
1.2
Membandingkan
kenampakan dan keadaan sosial negara-negara tetangga.
|
VI
|
Siswa dapat menentukan
batas wilayah kawasan Asia Tenggara.
|
20
|
||
1.2 Membandingkan kenampakan dan keadaan sosial negara-negara tetangga.
|
VI
|
Disajikan sebuah peta
Asia Tenggara, siswa dapat menemutunjukkan negara yang tidak pernah dijajah
oleh negara barat.
|
21
|
||
1.2 Membandingkan kenampakan dan keadaan sosial negara-negara tetangga.
|
VI
|
Siswa dapat menentukan
dampak negatif dari pertumbuhan penduduk yang besar dan tingkat pertumbuhan
yang tinggi di negara Asia Tenggara.
|
22
|
||
1.2 Membandingkan kenampakan dan keadaan sosial negara-negara tetangga.
|
VI
|
Siswa dapat menentukan
penyebab terjadinya musim penghujan dan musim kemarau di Indonesia.
|
23
|
||
1.3 Mengidentifikasi benua-benua
|
VI
|
Disajikan Peta Benua
Australia, siswa dapat menemutunjukkan salah satu nama negara bagian di benua
tersebut.
|
24
|
||
1.3 Mengidentifikasi benua-benua
|
VI
|
Siswa dapat menentukan
batas-batas dari salah satu benua.
|
25
|
||
1.3 Mengidentifikasi benua-benua
|
VI
|
Siswa dapat menentukan
letak salah satu benua secara astronomi
|
26
|
||
1.3 Mengidentifikasi benua-benua
|
VI
|
Siswa dapat menentukan
nama-nama negara di kawasan Benua Eropa.
|
27
|
||
6
|
2. Memahami
gejala alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya
|
2.1
Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga.
|
VI
|
Disajikan sebuah pernyataan
penyebab suatu gejala alam , siswa dapat menentukan nama gejala alam
tersebut.
|
28
|
2.1 Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam
yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga.
|
VI
|
Siswa dapat menentukan
contoh perilaku manusia yang dapat merusak alam.
|
29
|
||
2.2 Mengenal
cara-cara menghadapi bencana alam.
|
VI
|
Siswa dapat menentukan
peristiwa alam yang terjadi karena faktor alam atau faktor manusia.
|
30
|
||
2.2 Mengenal
cara-cara menghadapi bencana alam.
|
VI
|
Siswa dapat menentukan
tindakan yang paling tepat dalam menghadapi bencana alam.
|
31
|
||
7
|
3. Memahami peranan bangsa Indonesia di era global.
|
3.1 Menjelaskan
peranan Indonesia pada era global dan dampak positif serta negatifnya
terhadap kehidupan bangsa Indonesia.
|
VI
|
Siswa dapat menentukan bentuk perubahan perilaku masyarakat sebagai
akibat globalisasi.
|
32
|
3.1
Menjelaskan peranan Indonesia pada era global dan
dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan bangsa Indonesia.
|
VI
|
Siswa dapat menentukan salah satu perusahaan asing yang menjalankan
usahanya di Indonesia.
|
33
|
||
3.2
Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia
sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa.
|
VI
|
Siswa dapat menentukan manfaat
ekspor bagi suatu negara.
|
34
|
||
3.2
Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia
sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa.
|
VI
|
Siswa dapat menentukan hasil komoditi ekspor non migas Indonesia.
|
35
|
||
8
|
1. Memahami sejarah, kenampakan alam dan
keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi.
|
1.1 Membaca peta lingkungan setempat
(kabupaten/kota, provinsi) dengan menggunakan skala sederhana.
|
IV
|
Disajikan peta Jawa Timur, siswa dapat mendeskripsikan salah satu
simbol/legenda yang ada di peta.
|
36
|
9
|
2. Mengenal sumber
daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan
kabupaten/kota dan provinsi.
|
2.2 Mengenal
pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyaraka.
|
IV
|
Siswa dapat menyebutkan salah satu manfaat dari satu jenis koperasi.
|
37
|
10
|
1. Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala
nasional pada masa Hindu-Budha dan
Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di
Indonesia.
|
1.1 Mengenal
makna peninggalan-peninggalan bersejarah yang berskla nasional dari masa
Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.
|
V
|
Siswa dapat menyebutkan
salah satu peninggalan agama teretntu.
|
38
|
11
|
2.Mengahargai peranan tokoh pejuang dan
masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
|
2.4 Mengahargai perjuangan para tokoh dalam
mempertahankan kemerdekaan.
|
V
|
Siswa dapat menyebutkan
nama peristiwa di suatu daerah dalam mempertahankan kemerdekaan.
|
39
|
12
|
1. Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala
nasional pada masa Hindu-Budha dan
Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di
Indonesia
|
1.3 Mengenal
keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di
Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya.
|
V
|
Siswa dapat menyebutkan
salah satu daerah di satu wilayah pembagian waktu di Indonesia.
|
40
|
13
|
1. Memahami perkembangan wilayah
Indonesia, kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara, serta benua-benua
|
1.3 Mengidentifikasi benua-benua
|
VI
|
Siswa dapat menyebutkan
negara Asia yang mempunyai tingkat IPTEK tinggi.
|
41
|
1.2 Membandingkan
kenampakan
alam
dan keadaan sosial negara-
negara
tetangga
|
VI
|
Siswa dapat menyebutkan
negara yang melakukan proyek reklamasi lahan guna memperluas wilayahnya.
|
42
|
||
14
|
2. Memahami gejala alam yang terjadi
di Indonesia dan sekitarnya
|
2.1 Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam
yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
|
VI
|
Siswa dapat menyebutkan salah satu perilaku manusia yang merusak alam.
|
43
|
2.2 Mengenal cara-cara menghadapi
bencana alam
|
VI
|
Disajikan gambar salah satu aktifitas manusia, siswa dapat menyebutkan
manfaat dari aktifitas tersebut.
|
44
|
||
15
|
1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan
alam dan keadaan sosial negara-negara
di Asia Tenggara, serta benua-benua
|
1.3 Mengidentifikasi
benua-benua
|
VI
|
Siswa dapat menyebutkan salah satu hasil industri di Amerika Serikat.
|
45
|
16
|
2. Mengenal sumber
daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan
kabupaten/kota dan provinsi
|
2.3 Mengenal
permasalahan sosial di daerahnya.
|
IV
|
Siswa dapat menyebutkan 4 macam masalah sosial yang ada di kota besar.
|
46
|
17
|
2. Menghargai
peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankaan
kemerdekaan Indonesia
|
2.1 Mendeskripsikan perjuangan para tokoh
pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang
|
V
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian A3 pada masa penjajahan Jepang.
|
47
|
18
|
2. Memahami gejala alam yang terjadi
di Indonesia dan sekitarnya
|
2.2 Mengenal cara-cara menghadapi
bencana alam
|
VI
|
Siswa dapat menyebutkan 4 dampak
pemanasan global.
|
48
|
2.1 Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan
negara tetangga
|
VI
|
Siswa dapat menyebutkan 4 faktor pendorong investor asing menanamkan
modal dan mendirikan perusahaan di Indonesia.
|
49
|
||
19
|
3. Memahami peranan bangsa Indonesia di era global
|
3.2
Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia
sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa
|
VI
|
Siswa dapat menyebutkan 4 alasan suatu negara melakukan impor.
|
50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar